Berita Nasional Terpercaya

Belum Konsisten Dalam Menulis? Tiga Hal Berikut Wajib Anda Coba!

0

Bernas.id – Menulis adalah kegiatan yang gampang tetapi tidak bisa digampangkan. Hal itu terbukti dari berbagai macam alasan yang dikemukakan banyak orang ketika menulis di media sekelas berita nasional.

Jika anda merupakan salah satu dari orang yang kesulitan dalam merangkai kata dan belum konsisten dalam dunia menulis, tiga hal berikut wajib anda coba: 

1. Jadilah penulis bermental baja

Ada banyak cibiran dan ocehan di luar sana yang seringkali menyudutkan seorang penulis, terlebih lagi jika penulis tersebut masih tergolong amatir. Maka yang perlu anda lakukan adalah menebalkan telinga. Dengarkan saja apa kata orang tentang tulisan kita. Ambilah manfaat dari kritikan yang membangun dan buang yang membuat hati terasa nyeri. Maka anda akan terus berada dalam jalur menulis yang benar. 

Baca juga: Pengertian Interpretasi, Tujuan, dan Macam-macamnya

2. Konsisten berlatih

Secerdas apapun seseorang jika kemampuannya tak pernah diasah maka tak akan pernah berkembang. Demikian juga dengan menulis, merangkai aksara perlu berlatih dan jam terbang agar konsisten menulis dan tulisan yang dihasilkan semakin memukau. Ada banyak cara dalam melatih konsisten dalam menulis salah satunya dengan rajin mengikuti lomba menulis. Challenge ataupun sayembara sangat membantu seorang penulis untuk maju dan memperbaiki kualitas tulisan yang dihasilkan. Di samping itu penulis juga dapat menambah teman serta komunitas kepenulisan baru yang semakin banyak dan tentunya bermanfaat untuk menambah wawasan. 

Baca juga: 18 Jenis Konjungsi, Pengertian, dan Contoh Kalimat Terlengkap

3. Percaya diri

Penulis tak akan pernah menjadi penulis besar, sejauh dia tidak punya kepercayaan diri. Seorang penulis harus mampu dan mau memperkenalkan tulisan yang sudah ditulisnya, baik di media cetak maupun online. Karena dengan memperkenalkan karya maka seorang penulis telah membuka hatinya untuk dikritik menjadi lebih baik. Dan dari lebih baik itulah diharapkan kepercayaan dirinya meningkat serta menjadikan penulis produktif dan bermanfaat bagi banyak orang. 

Jadi masihkah anda ragu menjadi penulis? Semoga tiga hal di atas dapat memperkokoh keyakinan untuk terus mengabdi pada dunia literasi ini. Happy writing!

Baca juga: Tinjauan Pustaka: Pengertian, Manfaat, Cara Membuat, dan Contohnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.