Berita Nasional Terpercaya

Kemenkes Waspadai Oknum Program JKN

0

JAKARTA, Bernas.id – Kementerian Kesehatan mengakui adanya oknum yang memanfaatkan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk mengeruk keuntungan lebih. Pengakuan ini setelah beredar isu adanya klaim palsu yang dilakukan oleh oknum Rumah Sakit yang bekerjasama dengan program BPJS Kesehatan.

Kepala Pusat Pembiayaan dan Jaminan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Kalsum Komaryani mengungkapkan, dengan adanya indikasi tersebut maka Kemenkes pun sebagai pembuat regulasi dan leading sector dari program BPJS, sudah membuat pencegahan atas kecurangan tersebut.

?Ada pihak-pihak dan oknum-oknum yang ingin mendapatkan keuntungan dari JKN. Maka dibentuk tim bersama antara KPK, Kemenkes, dan BPJS kesehatan,? jelas Kalsum.

Kalsum menjelaskan, nantinya akan ada 3 pedoman yang dihasilkan dari tim tersebut, mulai dari Pencegahan, Deteksi dan Penyelesaian. Rencananya juga, tim ini akan mulai melakukan uji coba penerapan pedoman tersebut pada triwulan kedua. Untuk nantinya bisa benar-benar diimplementasikan.

Sebelumnya pernah diberitakan, BPJS Kesehatan mencium adanya potensi kecurangan (fraud-red) dalam klaim biaya pengobatan para pesertanya. ?Kecurangan ini disinyalir dilakukan oleh pihak rumah sakit.

Nilai dari potensi kecurangan tersebut pun mencapai Rp 3,1 triliun. Nilai ini merupakan akumulasi sejak 2014 hingga tahun ini. Data ini didapat dari dari Litbang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Leave A Reply

Your email address will not be published.