Berita Nasional Terpercaya

Unggah Video Bakar Uang ke Internet, Dua Pegawai Negeri Tiongkok Dipecat

0

Bernas.id ? Mengunggah video ke internet sebaiknya dilakukan setelah dampak jangka panjangnya dipikirkan terlebih dahulu. Karena jika tidak, sang penggungah video bisa mendapatkan hal-hal yang tidak diinginkan ke depannya. Terlebih lagi di era di mana internet kian mudah diakses seperti sekarang.

Hal itulah yang menimpa dua pegawai negeri di Tiongkok. Keduanya dipecat setelah mengunggah video yang menampilkan diri mereka tengah merokok sambil membakar kertas menyerupai uang pecahan 100 yuan (sekitar 200 ribu rupiah).

Linghu Xiaojie dan Li Fuchun adalah nama dari dua orang yang ada di dalam video. Sambil masih mengenakan seragam lengkap, salah seorang di antara mereka terlihat membakar uang dan menggunakannya untuk menyalakan puntung rokok sambil berkata, ?Ini hanyalah uang berjumlah kecil.?

Linghu dan Li diketahui berprofesi sebagai pegawai keamanan sipil (chengguan) di kota Zitong, Provinsi Guizhou. Begitu video tersebut beredar di dunia maya sejak hari Kamis (22/2/2018), para netizen beramai-ramai melayangkan kritik dan kecaman kepada mereka berdua.

Kontroversi yang ditimbulkan oleh keduanya turut menarik perhatian badan keamanan sipil Tiongkok tempat mereka bekerja. Di hari yang sama setelah video keduanya beredar, lembaga tersebut menyatakan kalau keduanya sudah dipecat karena melanggar peraturan dan mencemarkan citra badan keamanan sipil.

Polisi juga sudah melakukan penyelidikan ke lokasi dibuatnya video tersebut. Mereka kemudian menyimpulkan kalau benda menyerupai uang yang dibakar oleh bekas pegawai keamanan tadi bukanlah uang sungguhan.

Chengguan merupakan badan keamanan negara yang memiliki tugas menjaga ketertiban kota. Akibat seringnya mereka terlibat aksi kekerasan dengan para pedagang kecil, lembaga ini kerap dipandang secara negatif oleh warga Tiongkok.  

Leave A Reply

Your email address will not be published.