Berita Nasional Terpercaya

Penyakit Cinta Ini Sangat Berbahaya. Yuk Kenali Ciri-cirinya!

0

Bernas.id – Cinta manusia yang berlebihan kepada selain Allah SWT tidak hanya mengarah kepada cinta sesama manusia, cinta manusia dapat mengarah kepada cinta terhadap kesenangan dunia yang lain, misalnya harta atau jabatan.

Cinta kepada kenikmatan dunia yang lainnya pun tidak kalah berbahayanya dengan cinta yang berlebihan kepada sesama manusia jika telah mencapai fase yang akut, dan biasanya cinta dunia akan diiringi dengan perasaan takut mati.

Setiap manusia memiliki cita-cita dalam hidupnya. Mungkin di antaranya ada yang berfikir untuk menambah harta, berfikir apa yang akan kita makan untuk esok hari, masa depan keluarga, memperoleh jabatan, dan berbagai hal untuk masa depan yang sebenarnya sangat singkat yaitu kenikmatan hidup di dunia. Tetapi banyak yang lalai dari memikirkan hari-hari di kehidupan yang kekal, yaitu akhirat, kurang memikirkan bagaimana kondisi imannya saat ini dan apa yang telah disiapkan untuk menghadapi hari akhirat nanti.

Salah satu hal yang membahayakan keimanan seorang muslim adalah cinta dunia, jika mereka berubah menjadi penikmat cinta dunia yang telah buta mata hatinya atau dikatakan pula penikmat cinta buta. 

Rasulullah Muhammad SAW bersabda yang artinya ?Bersegeralah beramal shalih, sebelum datang fitnah-fitnah yang banyak. Seseorang di waktu pagi masih beriman tetapi di sore hari ia kafir. Atau seseorang di sore hari beriman, dan di pagi harinya ia telah kafir. Dia menjual agamanya untuk secuil kesenangan dunia.? (HR Muslim).

Seperti dikutip dari suaramuslim.net, di antara ciri – ciri orang yang terkena penyakit “Al-Wahn” atau cinta dunia adalah sebagai berikut:

1.  Tidak senang beribadah

Termasuk dalam hal ini adalah malas beribadah dan ketika beribadah dilaksanakan secara kilat dan ingin segera selesai, pikiran mereka terfokus kepada kesenangan dunia seperti pacar, harta atau kesenangan yang berorientasi dunia lainnya.

2.  Kikir

Orang yang cinta dunia akan cenderung kikir, khawatir jika bersedekah akan mengurangi hartanya.

3.  Sering berdusta

Sering berdusta disini sifatnya umum, baik itu dalam jual beli maupun dalam bidang yang lain. Tidak takut dengan ancaman dari Allah SWT.

4. Suka berkhianat atau ingkar janji, salah satu contohnya ketika dia lebih mementingkan untuk bertemu dengan pacarnya dan membatalkan janji dengan orang lain.

5.  Pengecut dan malu dengan kebenaran

6. Tidak mau beramar ma?ruf dan nahi munkar, malah melakukan perbuatan-perbuatan maksiat dan yang melanggar aturan agama Islam.

Cinta dunia atau cinta buta terhadap kesenangan dunia adalah ketidakpuasan atas segala yang dimiliki, tidak bersyukur dengan pemberian dari Allah SWT, dikatakan demikian karena Allah SWT telah memberikan tuntunan dalam Alquran dan hadis untuk diamalkan namun dilanggar oleh para penikmat cinta dunia yang telah buta mata hatinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.