Berita Nasional Terpercaya

Sebanyak Lebih dari 2/3 Populasi Penguin Raja Terancam Menghilang

0

Bernas.id ? Penguin merupakan nama hewan yang sangat mudah dikenali berkat penampilannya yang khas. Burung yang pandai berenang ini terlihat seolah-olah sedang berdiri tegak layaknya manusia berkat posturnya yang khas. Dari sekian banyak penguin yang ada di dunia, penguin raja adalah yang terbesar.

Nasib penguin raja di alam liar sayangnya terbilang suram. Pasalnya menurut hasil penelitian terbaru, sebanyak 70 persen populasi penguin diperkirakan bakal menghilang pada akhir abad ini. Faktor pemanasan global dan perikanan berlebihan di perairan Kutub Selatan menjadi penyebab utamanya.

?Jika tidak ada tindakan yang diambil untuk menghentikan atau mengendalikan pemanasan global, serta laju perubahan yang diakibatkan oleh manusia ? perubahan iklim, perikanan berlebihan ? tetap tidak berubah, maka spesies ini bisa menghilang di masa depan,? kata Celine Le Bohec yang ikut terlibat dalam penelitian ini.

?Kecuali kadar emisi gas rumah kaca yang sekarang berkurang, sebanyak 70 persen penguin kaisar ? 1,1 juta pasangan kawin ? terpaksa harus berkembang biak di tempat lain, atau menghadapi kepunahan,? kata Le Bohec seperti yang dilansir oleh The Guardian.

Penguin raja adalah spesies penguin terbesar kedua di dunia sesudah penguin kaisar. Hewan ini hanya berkembang biak di pulau-pulau tertentu di Kutub Selatan yang tidak ditutupi es. Ketika suhu lautan semakin meningkat, jarak antara sarang mereka dengan makanan menjadi semakin jauh, sehingga anak-anak mereka harus menahan lapar lebih lama dan bisa saja mati sebelum mendapatkan makanan.

?Masalahnya adalah… tidak semua pulau di Samudera Selatan cukup besar untuk menunjang koloni perkembangbiakan dalam jumlah besar,? papar Le Bohec. ?Jika kita ingin melakukan penyelamatan, upaya pelestarian yang proaktif dan efisien diperlukan. Namun di atas itu semua, tindakan global yang terkoordinasi terhadap pemanasan global harus dimulai dari sekarang.?

Leave A Reply

Your email address will not be published.