Berita Nasional Terpercaya

Orang Ini Dipenjara Karena Pamerkan Boneka Bebek Raksasa

0

Bernas.id ? Mainan bebek yang dipompa normalnya dianggap sebagai hal yang lucu dan tidak berbahaya. Namun di Rusia, seorang warga kota St. Petersburg harus meringkuk di balik jeruji besi karena memamerkan bebek raksasa yang dipompa dari balik jendela apartemennya.

The Moscow Times mengabarkan kalau tindakan tersebut dilakukan oleh Artyom Goncharenko pada akhir Januari lalu di kota St. Petersburg. Tindakan itu sendiri dilakukan sebagai wujud kritikan Goncharenko terhadap praktik korupsi yang diduga dilakukan oleh pemerintah Rusia.

Menurut hasil penyelidikan yang dilakukan oleh aktivis antikorupsi Alexei Navalny pada tahun 2016 lalu, Perdana Menteri Dmitry Medvedev memiliki sejumlah rumah mewah. Salah satu rumah tersebut diklaim memiliki kandang bebek yang juga mewah.

Pasca keluarnya tuduhan tersebut, boneka bebek pun menjadi simbol yang digunakan oleh para aktivis dan kubu oposisi untuk mengkritik pemerintahan Rusia. Tak terkecuali oleh Goncharenko.

Namun tindakan yang dilakukan oleh Goncharenko tersebut membuatnya harus berurusan dengan pihak berwajib. Polisi St. Petersburg pada hari Senin (26/2/2018) melakukan penangkapan kepada Goncharenko. Sehari kemudian, pengadilan setempat menjatuhkan hukuman penjara 25 hari kepada Goncharenko dengan alasan melakukan aksi protes tanpa izin.

Penangkapan ini terjadi di saat atmosfer politik domestik Rusia tengah menghangat. Pasalnya Rusia bakal menggelar pemilu presiden pada bulan Maret mendatang. Navalny sendiri awalnya hendak maju sebagai pesaing Putin, namun rencananya gagal terealisasi akibat terjerat masalah penggelapan uang. Navalny membela diri dengan menyatakan kalau peristiwa ini aslinya hanyalah manuver politik untuk menjegal dirinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.