Berita Nasional Terpercaya

Facebook Luncurkan Fitur Pemeriksa Foto Wajah Penggunanya

0

Bernas.id ? Facebook tidak pernah berhenti untuk memperbarui fitur-fitur yang dimilikinya. Kali ini raksasa media sosial tersebut meluncurkan fitur pemeriksan wajah. Fitur tersebut juga sudah diumumkan ke sejumlah pengguna Facebook.

Menurut Gizmodo, fitur ini sendiri sebenarnya sudah diumumkan oleh pihak Facebook sejak bulan Desember lalu. Dalam dua artikel yang dimuatnya pada bulan Desember, Facebook beralasan kalau fitur baru ini dimaksudkan untuk melindungi privasi penggunanya.

Fitur ini sendiri bekerja ketika pengguna Facebook mengunggah foto yang menampilkan dirinya ke akun miliknya. Sistem kecerdasan buatan Facebook kemudian akan memeriksa foto tersebut.

Seperti yang kita ketahui, wajah masing-masing orang bisa dibedakan satu sama lain berdasarkan aneka karakteristik semisal bentuk hidung, ukuran bibir, kelopak mata, dan lain sebagainya. Aspek-aspek inilah yang digunakan oleh sistem kecerdasan buatan Facebook untuk memindai foto wajah seseorang dan merekamnya.

Jika foto sang pengguna Facebook diunggah oleh pengguna Facebook lain, Facebook secara otomatis akan menandai foto tersebut kepada orang yang wajahnya ada di dalam foto. Diharapkan fitur ini bisa membantu seseorang mengetahui jika ada orang lain yang mengunggah atau menggunakan fotonya tanpa izin di Facebook.

Fitur baru ini sendiri tidak bersifat otomatis dan belum bisa dinikmati oleh semua pengguna Facebook. Jika pengguna Facebook sempat mendapatkan pengumuman dari pihak Facebook dan tertarik menggunakan fitur ini, ia bisa mengakses menu Pengaturan dan kemudian mengaktifkan fitur Pengenalan Wajah. Fitur ini juga bisa dinonaktifkan kembali secara manual jika pengguna Facebook menginginkannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.