Berita Nasional Terpercaya

Fantastis! Timbunan Narkoba Sebanyak 400 Kg Ditemukan di Kedubes Negara Ini

0

Bernas.id ? Temuan mengejutkan didapat di gedung Kedutaan Besar Rusia di Argentina. The Telegraph mengabarkan kalau polisi Argentina berhasil membongkar rencana untuk menyelundupkan narkoba ke Eropa lewat Kedubes Rusia di Argentina.

Rencana ini pertama kali terbongkar pada bulan Desember 2016 lalu atas petunjuk dari staf kedutaan sendiri. Awalnya duta besar Viktor Koronelli tanpa sengaja menemukan 12 koper berisi 400 kg narkoba di ruang penyimpanan milik kedubes.

Koronelli kemudian melaporkan temuan tersebut ke polisi Argentina yang kemudian melakukan penyitaan. Menurut Menteri Keamanan Argentina Patricia Bullrich, narkoba tersebut di pasaran nilainya mencapai 50 juta euro (757 milyar rupiah). Namun penemuan tersebut tidak langsung dirilis ke publik supaya polisi bisa menelusuri tersangkanya.

Untuk menghilangkan kecurigaan kalau keberadaan timbunan narkoba tersebut sudah diketahui, polisi Argentina secara diam-diam menukar narkoba tadi dengan tepung. Mereka juga memasang alat pelacak pada koper supaya rute yang digunakan untuk menyelundupkan narkoba bisa diketahui.

Momen yang ditunggu oleh polisi akhirnya tiba. Mantan akuntan kedutaan yang bernama Ali Abyanov pada bulan Desember 2017 meminta supaya barang-barang bawaaannya di kedutaan dikirim ke Rusia lewat jasa kurir.

Koper-koper tersebut dikirim ke Rusia lewat pesawat milik Nikolai Patrushev, sekretaris badan intelijen Rusia. Empat hari kemudian, aparat Rusia melakukan penangkapan kepada dua orang anggota sindikat narkoba saat mereka hendak mengambil koper-koper tersebut. Abyanov juga turut ditangkap secara terpisah.

Namun penyelidikan atas kasus ini sendiri masih jauh dari kata berakhir. Sekarang aparat internasional tengah memburu pemimpin jaringan narkoba ini. Tokoh tersebut diketahui sebagai pebisnis asal Rusia yang selama beberapa tahun terakhir tinggal di Jerman.

Leave A Reply

Your email address will not be published.