Berita Nasional Terpercaya

KKP Terbuka Untuk Pemeriksaan Keuangan

0

JAKARTA, Bernas.id – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mempersilakan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memeriksa keuangan di Kementeriannya.

Menurut Susi, Kementeriannya selalu berkomitmen dalam mempertanggungjawabkan seluruh kegiatan KKP, dan berkomitmen mendukung program pemerintah, salah satunya selalu dapat diakses publik.

?Kita betul-betul menginginkan pertanggungjawaban ke negara akuntabel. Kalau ada kecurangan, silakan KPK Kejaksaan untuk turun meneliti dan memeriksa,? katanya.

Pernyataan Susi ini berkaitan dengan adanya pernyataan Indonesia Corruption Watch (ICW) yang menyebut jika KKP tidak transparan. ICW beralasan karena KKP tidak mencantumkan secara detail pertanggungjawaban anggaran belanja 2017 di laman Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

Menanggapi hal tersebut, Inspektur Jenderal KKP, Muhammad Yusuf mengatakan, pertanggungjawaban anggaran belanja belum dapat dilihat karena KKP masih melakukan verifikasi bantuan terlebih dulu. Sehingga dokumen yang diunggah sementara baru ringkasan penggunaan anggaran.

?Ada keterlambatan karena harus verifikasi data penerima. Datanya terlambat masuk karena ada verifikasi lapangan,? ujar Yusuf.

Jika terdapat soroton Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), menurut Yusuf, hanya sebatas pelaksanaan kegiatan yang terlambat. Ia pun berterimakasih kepada ICW karena sudah dikritisi, ia menjamin jika kedepan hal tersebut tidak akan terjadi lagi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.