Berita Nasional Terpercaya

Ilmuwan Kembangkan Metode Tes Darah untuk Deteksi Kanker

0

Bernas.id ? Darah merupakan komponen yang tak terpisahkan dari manusia. Pasalnya darah memiliki peran yang vital dalam mengedarkan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Lewat pemeriksaan pada darah pulalah, keberadaan penyakit tertentu yang sedang menyerang seseorang bisa diketahui.

Live Science mengabarkan kalau ilmuwan mengembangkan metode tes darah yang baru untuk mengetahui ada tidaknya kanker pada tubuh seseorang. Tes yang disebut sebagai CancerSEEK ini diharapkan bisa membantu para dokter mengenali kanker pada stadium awal dan mengobatinya sebelum kankernya memasuki stadium lanjut.

?Yang kami bayangkan kelak adalah di saat anda menjalani tes rutin untuk mengetahui kadar kolesterol, darah anda juga bakal diperiksa untuk mengetahui apakah anda memiliki kanker,? kata Joshua Cohen yang memimpin penelitian ini.

Tes ini sendiri dilakukan dengan bantuan kecerdasan buatan yang dilengkapi dengan algoritma khusus untuk menganalisa kombinasi gen dan protein dalam darah yang dianggap sebagai pertanda adanya kanker.

Jika hasil tesnya positif, orang yang darahnya diuji kemudian diminta menjalani pemeriksaan untuk mengkonfirmasi apakah dirinya memang benar-benar terserang kanker. Sebagai contoh, jika hasil tes darah menunjukkan kalau orang tersebut terkena kanker perut, orang tersebut diharapkan segera menjalani pemeriksaan endoskop.

Untuk menguji seberapa akurat metode tes ini, tim ilmuwan sudah melakukan pengujian kepada seribu orang pasien yang sudah didiagnosa kanker, namun kankernya belum menjalar ke bagian tubuh yang lain. Hasilnya, tes ini memiliki akurasi hingga 98 persen. Semakin lanjut stadium kankernya, semakin akurat pula hasil tes darahnya.

Meskipun terlihat menjanjikan, Cohen mengakui kalau tes darah ini masih harus diuji dalam penelitian yang skalanya lebih besar. ?Adalah hal yang penting untuk mengkonfirmasi hasil tes dan menunjukkan kalau tes ini memang bisa diterapkan di dunia yang sesungguhnya,? kata Cohen.

Leave A Reply

Your email address will not be published.