Berita Nasional Terpercaya

Kembangkan Hunian Berbasis TOD, Menhub Minta Pemda Ikut Aktif

0

JAKARTA, Bernas.id – Belakangan pemerintah melakukan pembangunan hunian vertikal berbasis Transit Oriented Development (TOD) di sekitar transportasi massal kereta rel listrik.

Diharapkan hunian berbasis TOD tersebut dapat memudahkan masyarakat dari huniannya menuju tempat-tempat yang dituju dengan transportasi umum.

Terkait hal itu, Pemerintah daerah (Pemda) diminta berperan aktif dalam mengembangkan hunian tersebut, terutama bagi pemerintah kota-kota besar yang memiliki tingkat kepadatan arus kendaraan yang tinggi.

Budi Karya Sumadi, selaku Menteri Perhubungan menuturkan, hunian berbasis TOD merupakan salah satu solusi untuk mengurangi angka kemacetan. Di samping solusi dalam menghadirkan hunian yang nyaman dan terjangkau bagi masyarakat.

“Kita memang kurang beruntung, membangun saat sudah terbangun. Oleh karena itu saya minta pemda, apakah itu Jakarta, Surabaya, Palembang, untuk menyadari pembangunan itu,” ungkap Budi dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Salah satu upaya yang bisa dilakukan pemda yaitu dengan membuat atau merevisi payung hukum yang ada, agar pembangunan hunian berbasis TOD dapat lebih maksimal. Selain itu, pemda juga bisa menyediakan lahan yang bisa dimanfaatkan sebagai lokasi pembangunan TOD.

Lahan tersebut harus diintegrasikan dengan moda transportasi yang dapat menjangkau masyarakat ke tempat-tempat strategis.

“Tinggal kita intensifkan karena ada satu konsep yang namanya TOD itu, kalau bisa density-nya dinaikkan, building coveragenya kalau perlu 90 persen,”jelasnya.

Selain itu, menteri Budi juga menyarankan untuk meningkatkan koefisien luas bangunan agar membuat yang dekat dengan akses transportasi semakin padat. 

Hal itu untuk memperbanyak jumlah masyarakat yang bisa mengakses moda transportasi publik.

“Sehingga orang hanya ke tempat-tempat itu tidak menggunakan apa-apa lagi, atau kalau ke tempat lain menggunakan kendaraan lain. Untuk membuat titik-titik itu semakin intensif, dibutuhkan law enforcement dari semua, dibutuhkan juga (peran) swasta dan keteguhan dari regulator,” tutupnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.