Berita Nasional Terpercaya

Banjir, Banjir, Banjir! Ini 5 Penyebabnya!

0

Bernas.id – Akhir-akhir ini bumi Indonesia sedang dilanda peristiwa banjir dan longsor. Tentu peristiwa ini dapat menyebabkan aktivitas masyarakat terganggu. Berbagai sarana dan prasarana penunjang kegiatan masyarakat terkena banjir seperti jalan raya, rumah, sekolah, dan lain sebagainya. Dalam peristiwa ini kita harus mengetahui penyebab-penyebab terjadinya banjir.

Pertama, terjadinya banjir diakibatkan oleh tingginya curah hujan yang menimpa permukaan bumi, sedangkan lapisan tanah tak mampu menyerap ketinggian curah hujan yang terjadi.

Kedua, diakibatkan oleh kurangnya pepohonan. Akibat seringnya pemotongan pohon dan tanpa menanam kembali, akhirnya ketika terjadi hujan yang deras, maka terjadilah banjir.

Ketiga, diakibatkan oleh banyaknya sampah yang berserakan. Hal ini juga dapat memicu terjadinya banjir. Membuang sampah sembarangan, di sungai, di selokan, dan tidak pada tempatnya, maka berakibat selokan buntu, sungai buntu, dan ketika hujan terjadi maka tidak dapat menampung air, akhirnya terjadilah banjir.

Keempat, diakibatkan saluran air kecil. Hal ini juga dapat memicu terjadinya banjir di Indonesia. Ketika curah hujan tinggi, otomatis air yang melewati selokan cukup besar. Jika selokan hanya berukuran kecil, maka akibatnya air tidak muat dan terjadilah banjir.

Kelima, diakibatkan oleh tidak kuatnya lapisan tanah menahan air. Ya, kebanyakan permukaan bumi menggunakan paving, akhirnya air sulit menyerap ke dalam tanah.

Inilah lima penyebab banjir di Indonesia yang perlu kita sadari. Selanjutnya, mari kita antisipasi dan melakukan perbaikan. Jika bukan kita, maka siapa lagi? Jika tidak sekarang, lantas kapan lagi?

Leave A Reply

Your email address will not be published.