Berita Nasional Terpercaya

Siapakah Pemimpin yang Berkualitas?

0

Bernas.id – Akhir-akhir ini Indonesia diramaikan dengan isu-isu pemilihan kepemimpinan. Hal ini bisa kita ketahui dari meriahnya berbagai pemberitaan. Mulai pejabat tingkat propinsi hingga tingkat daerah sama-sama mengisukan pemilihan dalam rangka memilih pemimpin. Nah, sebenarnya siapakah itu pemimpin?

Pemimpin adalah sosok manusia yang dijadikan sebagai tempat menyatunya seluruh anggota. Pemimpinlah yang menjadi motor dari segala kegiatan di dalam sebuah komunitas atau organisasi.

Kepemimpinan atau leadership dalam kehidupan kita memiliki peranan yang sangat signifikan. Bahkan kepemimpinan harus dijadikan sebagai landasan di dalam jiwa setiap manusia.

Kepemimpinan bukan hanya ada di dalam sebuah organisasi atau komunitas. Namun, kepemimpinan ini ada di dalam setiap manusia. Bahkan Rasulullah Shalallahu ?Alaihi Wassalam pernah bersabda:

Dari Ibn Umar dari Nabi Muhammad Shalallahu ?Alaihi Wassalam, beliau bersabda: ?Ketahuilah, setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap kalian bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnya.? (H.R. Muslim)

Nah, dalam hadis ini dijelaskan bahwa setiap manusia adalah pemimpin, minimal pemimpin untuk dirinya sendiri. Seorang pemimpin kelak akan dimintai pertanggungjawabannya kelak di akhirat nanti.

Untuk menilai kualitas pemimpin itu dapat kita lihat dari dirinya. Sebagaimana hadis di atas bahwa setiap kita adalah pemimpin. Bagaimana akan memimpin orang lain, sedangkan memimpin dirinya sendiri belum bisa. Lantas apa yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin? Yang harus dilakukan adalah memulai kepemimpinan dari diri sendiri. Minimal dalam keluarga memimpin seluruh anggota keluarga dengan baik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.