Berita Nasional Terpercaya

Konsep Hunian TOD Didominasi BUMN, REI Siap Bersaing

0

JAKARTA, Bernas.id – Belakangan hunian berbasis transit oriented development (TOD) marak diperbincangkan oleh pelaku bisnis properti. Pasalnya hunian berkonsep berdekatan dengan transportasi publik tersebut, saat ini masih didominasi penggarapannya oleh perusahaan berplat merah yakni BUMN

Terkait dengan hal itu, pengembang swasta ingin ikut berpartisipasi dalam merealisasikan konsep hunian tersebut.

Menurut Soelaeman Soemawinata, selaku Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI), jika diberikan kepercayaan pihaknya menjamin akan memberikan harga juga yang terjangkau oleh Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Hal itu juga sekaligus menjawab tantangan Menteri BUMN, Rini Soemarno, yang menginginkan agar jika swasta membangun TOD bisa memfasilitasi MBR. “Boleh (bisa harganya murah) asal perlakuannya sama, siap,” katanya di Kementerian PUPR, Jakarta, Senin (19/2/2018).

Lebih lanjut, Eman sapaan akrab Soelaeman menuturkan, hanya saja pemerintah harus juga memberikan fasilitas yang sama seperti BUMN kepada swasta. Seperti, dengan menyediakan lahan untuk pembangunan TOD oleh swasta.

“Kalau swasta itu kan pake modal sendiri, kalau BUMN pake modal pemerintah kalau kemudahannya sama juga kita berani sama dong. Minimal ada lahan yang disiapkan. Kalau satu dimodali pemerintah, satu modal sendiri, repot dong kita enggak kuat,” terang Eman.

Dirinya mengungkapkan, hunian berkonsep TOD dikarenakan cukup menjanjikan baik dari sisi market maupun tingkat keekonomiannya. Apalagi, jika pemerintah menyediakan fasilitas tanahnya. 

“Di manapun yang disediakan pemerintah siap. Karena TOD kan pasarnya ada,” tutup Eman.

Leave A Reply

Your email address will not be published.