Berita Nasional Terpercaya

Jangan Katakan Alasan Ini, Jika Tidak Ingin Persahabatan Anda Retak

0

Bernas.id – Manusia adalah makhluk sosial, sehingga ia pasti membutuhkan orang lain. Oleh sebab itu, tidak ada manusia yang tidak memiliki teman, mengapa? Kembali pada poin utama, yaitu karena manusia adalah makhluk sosial. Namun, ada sosok yang melebihi seorang teman, ia adalah sahabat. Ya, sahabat berbeda dengan teman.

Perbedaan yang sangat terlihat antara teman dan sahabat, yaitu kalau teman lebih kepada sekadar kenal dan lebih mudah kita temui, misal hanya sekadar bertemu lalu berkenalan, maka ia bisa kita katakan sebagai teman, lalu bagaimana dengan sahabat? Sahabat berbeda dengan teman karena ia lebih mengenal bagaimana diri kita dan sebagian besar seseorang akan dipertemukan dengan sahabat yang sesuai bagaimana dirinya. Walaupun karakternya berbeda-beda, tetapi masih memiliki kesamaan antar satu dengan yang lain.

Selain itu, berbeda dengan teman yang kehadirannya mudah kita cari, sedangkan sahabat tidak semudah mencari teman. Oleh sebab itu, jika Anda menemukan sahabat yang bisa memahami Anda serta mau mengajak Anda dalam hal kebaikan dan memberikan perubahan yang lebih baik, maka jangan lepaskan sahabat itu, mengapa? Karena sahabat yang soleh dan solehah bisa menjadi syafaat hari akhir, nanti.

Dan inilah dua alasan yang terkesan biasa saja, tetapi secara tidak langsung mampu meretakkan tali persahabatan yang telah dibina bertahun-tahun, yaitu:

Hijrah

Hijrah adalah salah satu alasan yang dapat menjadikan persahabatan Anda retak. Memang tak dapat dimungkiri jika lingkungan itu berdampak negatif pada diri Anda, maka Anda harus hijrah ke lingkungan yang lebih baik. Akan tetapi, alangkah baiknya jika Anda bisa mengajak sahabat Anda untuk hijrah juga, bukan?

Solusinya, jika Anda memang ingin hijrah dari lingkungan tersebut, mungkin Anda bisa meminimalisir bertemu dengan sahabat Anda, namun tanpa memutus komunikasi dengan mereka. Hal itu agar sahabat Anda tidak tersinggung. Sehingga hijrah tidak menjadi alasan untuk memutus hubungan dengan sahabat Anda. Dan apabila iman Anda dirasa sudah stabil, Anda bisa berkumpul dengan sahabat Anda guna memberi warna yang berbeda pada mereka. Karena bisa jadi, sahabat Anda juga ingin mengikuti jejak Anda.

Solusi selanjutnya, Anda bisa menjelaskan pada sahabat Anda bahwa Anda ingin memperbaiki diri Anda menjadi lebih baik. Keterbukaan inilah yang menjadikan hubungan Anda dengan sahabat, tetap terjalin baik.

Menikah

Alasan karena sudah menikah juga menjadi kunci retaknya persahabatan. Memang tak dapat dimungkiri bahwa harus mengutamakan urusan rumah tangga dibanding yang lain, terutama perempuan yang harus mendahulukan suami daripada yang lain. Hal itu tidak apa, namun alangkah baiknya jika memberi ruang sedikit untuk sahabat Anda. Misalnya, minimal setahun sekali mengadakan perkumpulan dengan sahabat, tidak ada salahnya, bukan?

Itulah dua alasan yang bisa dengan mudah meretakkan tali persahabatan yang telah dibina bertahun-tahun. Lalu apa yang perlu Anda lakukan agar hal itu tidak terjadi? Kunci mempererat tali persahabatan hanya tiga, yaitu stop negative thinking; jangan abaikan komunikasi dan keterbukaan antar sahabat guna meminimalisir pikiran negatif; serta adakan perkumpulan sebagai sarana untuk sharing antar sahabat, tidak harus setiap saat bertemu, tetapi paling tidak, ada agenda untuk berkumpul. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.