Berita Nasional Terpercaya

Chairul Tanjung: Tingkatkan Kualitas SDM Demi Membaiknya Ekonomi!

0

Bernas.id – Keinginan Indonesia untuk memperbaiki diri dalam pengembangan SDM didukung oleh pengusaha, Chairul Tanjung. Perubahan fokus pembangunan infrastruktur yang diubah menjadi pengembangan SDM, dinilai sangat perlu untuk saat ini.

Chairul Tanjung mengatakan, ada dua hal yang mampu mengubah situasi negara. Pertama, krisis ekonomi. Kedua, perubahan platform.

Hal pertama, sudah dilihat ketika krisis ekonomi terjadi pada puncak krisis 1998. Negara yang tidak bisa survive, mengalami kekacauan. Pening ketika memikirkan solusi perekonomian mereka. Situasi kacau dalam hal politik, ekonomi, sosial, semuanya.

Kedua, yakni perubahan platform. Bila ditelusuri, keadaan ekonomi Indonesia saat ini sudah membaik dibandingkan dulu. Pertumbuhan ekonomi dunia tahun lalu hanya tumbuh sekitar 3,7 persen, sementara tahun ini diprediksi akan tumbuh 3,9 persen. Angka ini sangat meningkat dibandingkan prediksi para analis.

Tentu saja, perubahan tersebut memiliki pandangan baik disebabkan konsumsi masyarakat yang meningkat karena pilkada dan kebijakan pemerintah. Seperti hukum ekonomi, permintaan barang dan jasa meningkat akan diiringi oleh kemampuan ekonomi yang meningkat. Kalau komoditas semakin dibutuhkan, berarti keinginan untuk membeli semakin besar, bukan?

Oleh karena itu, CT, begitu sapaan beliau, menyarankan Indonesia untuk memperbaiki perekonomian demi terciptanya kondisi bangsa yang lebih baik. Setelah infrastruktur digaungkan untuk pendidikan, proyek antimacet, pembangunan MRT, psikologis warga negaranya harus diperbaiki. Tidak boleh meminta-minta jika tidak berusaha. Ikhlaskan, biar Tuhan yang mengatur hasilnya.

Jadi, memang, masalah sumber daya manusia terkadang terlihat sepele. Namun, cobalah memandangnya lagi, kualitas semua bidang di kehidupan kita tak lepas dari keberadaan manusia. Dalam hal ekonomi, pembangunan SDM dimulai dari keikutsertaan dalam pilkada, membeli produk sendiri, serta menyerahkan semuanya pada Tuhan Yang Maha Esa.

Leave A Reply

Your email address will not be published.