Berita Nasional Terpercaya

Kamu Hobi Belanja Online? 6 Tips Ini Wajib Kamu Baca agar Tak Tertipu!

0

Bernas.id – Sekarang ini, jual beli online bukanlah hal yang asing lagi. Seseorang bisa membeli sesuatu tanpa beranjak dari tempat duduknya. Hal ini sangat memudahkan bagi orang-orang yang sibuk ataupun orang yang harus terjebak macet setiap kali hendak berbelanja.

Adanya kemudahan inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Mereka memanfaatkan kemudahan jual beli online untuk menipu calon pembeli. Banyak berita terjadinya penipuan yang dilakukan oleh penjual online. Lalu, bagaimanakah kita sebagai pembeli online untuk menghindari tindak penipuan tersebut? Yuk, kita simak tips-tips berikut ini supaya bisa menjadi pembeli online yang cerdas.

Tips pertama pilihlah penjual yang terpercaya. Bagaimana cara mendapatkan penjual yang terpercaya? Caranya adalah kita cari dari review pembeli-pembeli sebelumnya. Hal ini sangat penting karena jangan sampai kita mendapatkan penjual yang tidak amanah. Selain itu, bisa juga lho kita membeli dari orang yang sudah kita kenal sebelumnya. Malah sekalian menjaga tali silaturahim bukan?

Tips selanjutnya adalah ketahuilah spesifikasi barang yang akan kita beli secara detail. Namanya juga jual beli secara online, sehingga kita tidak bisa mengecek barang yang akan kita beli secara langsung. Oleh karena itu kita sebagai pembeli harus jeli dalam melihat spesifikasi barang yang ditawarkan. Apabila ada hal-hal yang belum disampaikan oleh penjual maka sebaiknya kita sebagai pembeli harus aktif menanyakan. Jangan sampai barang yang kita beli tidak seauai dengan keinginan kita. Pertanyaan yang bisa kita ajukan bisa meliputi ukuran barang, seri, warna, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, garansi, dan sebagainya tergantung barang yang akan kita beli.

Hal lain adalah pastikan barangnya ada. Sebelum kita membeli barang, pastikan dulu barang yang akan kita beli adalah barang yang tersedia. Karena sistem online, ada kemungkinan barang sudah laku tetapi penjual lupa menghapus posting-an barang tersebut. Jangan sampai kita sudah melakukan pembayaran tetapi barang yang akan kita beli tidak tersedia. Ini lebih sering terjadi jika kita melakukan pembelian melalui online marketplace, karena biasanya sistemnya otomatis.

Tak boleh lupa jangan tergiur oleh barang yang harganya terlalu murah. Ketika kita akan membeli barang, kita biasanya membandingkan harga di satu tempat dengam tempat lain. Bagi sebagian orang faktor harga adalah hal yang paling utama sehingga mereka akan mudah terkecoh dengan harga yang murah tapi kemungkinan kualitas barang tersebut kurang baik. Sebaiknya kita berhati-hati jika ada barang yang harganya jauh lebih murah dibanding barang sejenisnya. Seperti pepatah orang jawa “ana rega ana rupa” yang artinya harga barang sebanding dengan kualitas barang tersebut.

Tips kelima adalah pilihlah proses jual beli online yang bisa menggunakan rekening bersama. Mengapa rekening bersama itu penting? Karena rekening bersama digunakan untuk meminimalisir tindak kecurangan yang dapat dilakukan oleh penjual. Namanya juga jual beli tanpa ketemu langsung bisa saja pihak penjual berbuat curang. Bisa saja kita sebagai pembeli sudah mentransfer uang tetapi penjual tidak mau mengirim barang dan sebagainya. Rekening bersama biasanya bisa ditemui jika kita jual beli melalui marketplace

Tak boleh ketinggalan periksa kembali total belanjaan kita sebelum melakukan pembayaran. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya salah hiung atau kemungkinan lain.

Hal terakhir tapi sangat penting adalah simpanlah bukti pembayaran kita. Bukti pembayaran akan sangat bermanfaat sampai barang kita sampai di tangan kita sesuai dengn yang kita inginkan.

Nah, itu adalah tips-tips yang bisa kita lakukan apabila kita akan melakukan pembelian secara online. Cukup mudah kan? Selamat berbelanja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.