Berita Nasional Terpercaya

Cerita Sejarah di Balik Sepotong ‘Black Forest’

0

Bernas.id – Hari gini, siapa yang tidak meleleh kala melihat potongan kue coklat berlapis krim, ditabur serutan coklat dan berhiaskan buah cherry merah yang menggoda. Yup, itulah kue yang terkenal dengan sebutan 'black forest'.  Begitu banyak 'black forest' yang beredar di pasaran dengan berbagai macam versi, tapi pernahkah terpikir seperti apa sih aslinya 'black forest' itu? Dari mana asal muasalnya 'black forest', cerita sejarah 'black forest'?

Dari mana persisnya asal kue ini, tidak bisa dibuktikan secara hitam di atas putih. Namun, para ahli sejarah meyakini kue tart 'black forest' berasal dari jerman dengan nama 'Schwarzwalder Kirschtorte'. Asal muasalnya, kue ini terbuat dari bolu coklat yang dibasahi dengan campuran sirup dan minuman kirsch. Apakah minuman kirsch? Kirsch atau yang dikenal dengan sebutan kirschwasser merupakan salah satu minuman keras jenis brandy yang dihasilkan dari sari buah ceri morello hitam yang telah difermentasi. Pada mulanya, kirsch diproduksi di Jerman, tepatnya di Der Schwarzwald-Black Forest (Hutan Hitam) di seberang Rhine River (Sungai Rhine) di Alsace, Perancis. Setelah dibasahi dengan campuran sirup kirsch, bolu coklat ini dilapisi dengan krim segar (whipped cream) dan diberi taburan buah ceri hitam yang sudah dicelupkan ke dalam gula dan minuman kirsch terlebih dahulu di setiap lapisannya. Kala itu, kue ini disajikan sebagai makanan penutup.

Walau dikenal berasal dari daerah Black Forest, siapa penemu resep asli 'black forest' ini masih menjadi kontroversi. Sejarah mencatat, pada tahun 1915 seorang pembuat kue dari Bad Godesberg, Bonn (Jerman) pernah mengklaim dirinya sebagai penemu asli resep 'black forest'. Beberapa cerita menyatakan beliau berasal dari Danau Constance, yang berada dekat daerah Black Forest sehingga menamakan resep ciptaannya dari nama daerah tersebut. Ada juga teori yang menyebutkan asal muasal pemberian nama black forest dikarenakan serutan coklat yang menempel di sekeliling kue yang mempresentasikan black forest (hutan hitam). Ada juga yang menyatakan bahwa penggunaan nama black forest dikarena kue tersebut mengandung kirschwasser yang merupakan ciri khas daerah Black Forest. 

Bentuk 'black forest' terus berkembang dan mengalami perubahan yang disesuaikan dengan citarasa lokal. Contohnya, penggantian minuman keras kirsch dengan bahan lainnya. Bahkan, ada beberapa penambahan variasi yang menghasilkan 'black forest' dengan bentuk yang berbeda. Akan tetapi, apapun kontroversi yang menjadi polemik, 'black forest' adalah kue cherry dari daerah Black Forest (Schwazwalder) yang aslinya merupakan kue coklat berlapis dengan kirsch, whipped cream (krim segar), buah ceri hitam dan hiasan coklat serut. 'Black forest' bukanlah kue hitam yang berkonotasi bahwa kue tersebut harus berwarna gelap pekat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.