Berita Nasional Terpercaya

Wisata Kuliner di Tasikmalaya, Ini yang Wajib Dicoba

0

Bernas.id – Sebelah selatan daerah Jawa Barat, kita akan menemukan sebuah kota kecil khas Jawa Barat, yaitu Kota Tasikmalaya. Sampai di Tasikmalaya, kita akan menemukan sebuah kota yang ramai dengan transportasi tradisional becak juga delman dan transportasi online kekinian. Suasana yang ramai hanya terdapat di daerah pusat keramaian, sedangkan di daerah pinggir kota masih terlihat sawah yang terhampar, walaupun sudah tidak cukup luas. 

Tasikmalaya juga memiliki beragam kuliner yang sangat nikmat. Oleh karena itu, jika ke Tasikmalaya, jangan lupa untuk mencicipi beberapa makanan yang jarang ditemukan di daerah lain. Inilah makanan tersebut:

1. Tutug Oncom 

Makanan ini akan sulit ditemukan di daerah lain karena ketersediaan oncom ini hanya bisa ditemukan di daerah jawa barat. Makanan ini hanya terdiri dari nasi putih dan oncom yang diolah dan dan menjadikan nasi putih menjadi tidak biasa, dengan rasa yang khas. Harus dicoba.

2. Kupat tahu 

Berbeda dengan daerah lain, kupat tahu ini terdiri dari lontong berbentuk segitiga yang dipotong kecil. Kemudian dipadu dengan tahu goreng kering dipotong sembarang disiram dengan kuah kacang kental dan dilengkapi kecap manis dan bawang goreng. Sungguh menggiurkan dan membuat ketagihan.

3. Bakmi Tasik

Kalau mengunjungi Tasikmalaya akan menemukan banyak toko dan kios bakso. Bisa dibilang kota Tasikmalaya adalah kota bakso. Bakmi Tasik sungguh khas, dari bentuk mie dan racikan bumbu yang khas, membuatnya susah ditemukan di kota lain. Para penjual bakmi melakukan inovasi dengan menambahkan jenis bakmi yang dijualnya. Ada juga laucupan yang terbuat dari tepung beras berbentuk panjang-panjang yang kenyal, gurih dan mengenyangkan.

4. Soto Ayam 

Setiap daerah memiliki soto versi daerahnya masing masing. Racikan bumbu yang berbeda memiliki rasa khas daerah itu. Soto Tasikmalaya memiliki ciri khas kuah bersantan. Bumbunya khas Tasikmalaya karena memiliki warna coklat dan tanpa tomat atau kentang seperti soto betawi yang juga memakai santan. Harus dicoba dan bisa bikin kamu ketagihan. 

5. Nasi Cikur (kencur) dan sambal goang 

Pasangan nasi cikur dan sambal goang jangan sampai terpisah karena akan mengurangi kenikmatannya. Dimakan bersama dengan gorengan atau telur dadar akan menambah kenikmatan. 

6. Cilok Goang dan Seblak  

Yang ini lagi ngetren, perlu dicoba sebagai makanan pilihan dan bukan makanan utama. Alasannya karena belum tentu semua orang menyukainya. Untuk Cilok terbuat dari tepung dan dibumbui cikur (kencur), cabe rawit dengan kuah. Untuk Seblak terdiri dari bahan dasar kerupuk. Untuk toppingnya bisa ditambah ceker ayam, telur ayam dan lainnya. Masing-masing penjual berinovasi dan membuat topping masing-masing agar tetap diminati karena saking banyaknya penjual cilok dan seblak. 

Masih banyak makanan khas Jawa Barat di Tasikmalaya. Silakan mampir di Tasikmalaya, dan silakan menikmati surga makanan khas Jawa Barat. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.