Berita Nasional Terpercaya

Inilah 6 Cara Wanita Menghindari Pelecehan Seksual, Bekali Diri dengan Ini Sekarang Juga!

0

Bernas.id – Isu mengenai pelecehan seksual selalu menjadi topik hangat yang tak akan pernah habis jika dibicarakan. Pelecehan seksual yang kerap menyasar wanita dan anak-anak, kini semakin tak mengenal tempat dan waktu. Bukan hanya di tempat sepi ketika si anak maupun si perempuan sedang berjalan sendiri, atau ketika malam hari. Pelecehan seksual kini sudah masuk ranah publik. Bahkan, tempat yang seharusnya menjadi perlindungan, malah disalahgunakan oleh pihak terkait sebagai tempat melakukan pelecehan.

Patut diacungi jempol ketika seorang korban mau melapor kepada pihak berwajib mengenai perilaku melecehkan yang dilakukan oleh orang tak bertanggungjawab. Pada umumnya banyak hal-hal yang membuat si korban menutup diri dan tak mampu membagikan kejadian buruk yang menimpanya tersebut kepada orang lain. Akibatnya korban saling berjatuhan dan memberikan ruang gerak yang semakin bebas kepada predator seks.

Beberapa hari belakangan ini, publik dikejutkan dengan kejadian yang menimpa seorang wanita pasien Rumah Sakit yang menjadi korban pelecehan seksual seorang perawat pria. Ironi sekali, ketika Rumah Sakit yang seharusnya menjadi tempat perlindungan dan penyembuhan malah menimbulkan penyakit psikis baru bagi pasien.

Lalu, bagaimana sebaiknya Anda memproteksi diri agar terhindar dari pelecehan seksual di mana pun Anda berada? Inilah beberapa tips yang patut Anda coba:

1. Selalu proteksi diri Anda menggunakan pakaian longgar yang tidak membentuk tubuh;

Anda akan cenderung lebih aman jika memakai pakaian longgar. Karena bisa saja nafsu yang ditimbulkan predator seks sebenarnya bukan hanya dari dirinya sendiri, tetapi bisa saja dari faktor eksternal.

2. Minta seseorang untuk menemani jika Anda merasa ragu untuk mengunjungi suatu tempat sendiri;

Jangan sungkan meminta teman untuk menemani Anda ke mana pun pergi, jika Anda merasa ragu mengunjunginya sendiri. Meskipun itu di tempat umum sekalipun.

3. Bekali pikiran Anda untuk peka terhadap suatu hal yang mencurigakan;

Anda harus berlatih mengenai apa yang seharusnya anda lakukan jika mengalami pelecehan seksual. Misalnya Anda berlatih untuk menghadapi predator seks menggunakan barang-barang sehari-hari yang menempel di tubuh anda. Seperti sepatu hak tinggi, tas, atau jarum untuk melawan predator seks.

4. Bebaskan pikiran Anda untuk mencerna kepribadian orang yang baru Anda temui;

Jangan mudah percaya dengan orang yang baru pertama kali Anda temui. Selalu bersikap waspada dan hati-hati adalah kunci untuk melihat niat baik atau niat buruk seseorang.

5. Jangan takut teriak;

Jangan ragu-ragu untuk teriak ketika seseorang mulai berlaku kurang ajar kepada Anda. Jadilah orang jahat untuk melawan penjahat seks.

6. Bekali diri dengan ilmu bela diri;

Menjadi suatu keistimewaan apabila seorang wanita mau belajar ilmu bela diri. Selain bermafaat bagi perlindungan Anda, juga bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Itulah beberapa tips dalam menghindari pelecehan seksual. Jangan lupa untuk terus meminta perlindungan kepada Tuhan di mana pun Anda berada.

Leave A Reply

Your email address will not be published.