Berita Nasional Terpercaya

Ini Jadwal dan Syarat Penyerahan Dukungan DPD DIY

0

Bernas.id – Dalam rangka melaksanakan tahapan pencalonan perseorangan calon peserta Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dalam Pemilu 2019, KPU DIY baru saja mengumumkan jadwal penyerahan syarat dukungan Perseorangan Peserta Pemilu anggota DPD. Jadwalnya adalah hari Minggu-Kamis tanggal 22-26 April 2018 di kantor KPU DIY.

Ketua Divisi Hukum KPU DIY Siti Ghoniyatun Kamis (28/3) menerangkan, untuk tanggal 22-25 April, waktu penyerahan pukul 08:00-16:00. Sementara pada tanggal 26 April, waktunya pukul 08:00-24:00.

“Jumlah minimal dukungan perseorangan calon peserta Pemilu Anggota DPD RI Dapil DIY adalah sebanyak 2000 pemilih,” terang Siti.

Ia meneruskan, jumlah minimal sebaran dukungan adalah pada tiga kabupaten/kota. Persyaratan dibuktikan dengan daftar dukungan yang dibubuhi tanda tangan atau cap jempol dan dilengkapi fotokopi KTP atau surat keterangan setiap pendukung.

“Seorang pendukung tidak dibolehkan memberikan dukungan kepada lebih dari satu orang calon peserta Pemilu anggota DPD,” tegasnya.

Dirinya menambahkan, calon peserta Pemilu anggota DPD harus menyerahkan dokumen persyaratan dalam tiga rangkap, yang meliputi surat pernyataan penyerahan dukungan, daftar dukungan, dan fotokopi KTP atau surat keterangan bukti kependudukan.

“Sebelum menyerahkan dokumen, calon peserta pemilu DPD wajib memasukkan daftar dukungan ke dalam Sistem Informasi Perseorangan Peserta Pemilu atau SIPPP. Pemasukan daftar dukungan ke dalam SIPPP dilakukan setelah diterimanya username dan kata sandi sampai dengan paling lambat sebelum penyerahan dukungan,” tandas dia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.