Berita Nasional Terpercaya

Jokowi: Perbankan Berani Ambil Risiko Kalau Tidak Akan Mati

0

JAKARTA, Bernas.id ? Presiden Joko Widodo memberikan arahan kepada pimpinan bank umum di Indonesia. Pria yang akrab disapa Jokowi itu mengingatkan pimpinan bank agar berani mengambil risiko dan keputusan.

“Risiko paling gawat kalau tidak berani mengambil risiko. Itu yang saya lihat di 2017. Tadi Pak Ketua OJK sampaikan pertumbuhan kredit 8,24 persen. Saya ingat waktu kita berkumpul di sini, saat itu target 9 sampai 12 persen. Kalau saya diberi angka itu, saya ambil 12 persen nya. Kembali lagi, risiko paling besar apabila kita tidak berani ambil risiko,” ungkapnya di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (15/3/18).

Mantan Wali Kota Solo itu mengingatkan setiap keputusan memiliki risiko. Akan tetapi, Jokowi tidak mau para pimpinan enggan mengambil keputusan.

“Perbankan harus prudent dan hati-hati, ya saya setuju. Dan sudah berkali-kali saya alami, kalau kita tak berani ambil risiko, selesai sudah dalam bisnis. Pasti akan mati. Atau mati pelan-pelan tapi pasti mati. Itu di bisnis,” tegas Jokowi.

Jokowi juga menyinggung tentang perubahan di dunia yang cukup pesat. Tak bisa dipungkiri teknologi memengaruhi berbagai aktivitas mulai dari ekonomi, ilmu pengetahuan, bahkan politik. Sehingga tidak ada lagi alasan bagi pihak-pihak yang masih bermain aman.

?Perubahan pasti kita alami, baik keuangan, perbankan, politik. Di era di mana teknologi berkembang pesat nggak ada main aman, yang ada malas atau orang cerdas. Ragu-ragu,” lanjutnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.