Berita Nasional Terpercaya

Ini Cara Jitu Rawat Perabot Kayu

0

Pertanyaan

Halo Bro Solin,

Perkenalkan aku Deni. Mau curhat nih, Bro. Aku senang menghias rumahku dengan aneka furnitur kayu, misalnya meja, kursi dan lemari. Masalahnya, aku belum menemukan cara yang tepat untuk merawat perabot-perabot tersebut supaya awet dan tahan lama. Bagi solusinya dong Bro, bagaimana cara merawat perabot kayu dengan benar?

Salam,

Deni

Jawaban

Nah, begini Bro. Furnitur kayu memang bisa memperindah rumah, apalagi jika penempatannya tepat dan warnanya senada dengan warna cat dan perabotan lain yang ada di rumah Bro Deni. Namun, supaya furnitur tersebut tetap awet, Bro Deni mesti rajin merawatnya. Pasalnya, jika enggak dirawat furnitur kayu bisa ditumbuhi jamur dan lumut atau dimakan rayap. Hal ini bisa menyebabkan furnitur kayu milik Bro Deni keropos hingga rusak.

Cara merawat furnitur kayu sebenarnya cukup mudah. Bro Deni sebaiknya menjaga furnitur kayu tetap kering, sehingga enggak ditumbuhi jamur dan lumut. Selain itu, Bro Deni juga bisa mengoleskan lapisan cat berpigmen transparan ke permukaan furnitur kayu untuk melindunginya dari kerusakan. Mengoleskan lapisan cat berpigmen transparan juga bisa membuat serat kayu lebih terlihat, sehingga terkesan lebih alami.

SOLUSI Indaco untuk kebutuhan Bro Deni tersebut adalah Belazo Woodstain. Produk PT. Indaco Warna Dunia yang satu ini merupakan politur berbahan dasar air yang praktis digunakan sebagai pelapis kayu. Selain bisa digunakan di aneka furnitur seperti meja, kursi, lemari, dan lain-lain, Belazo Woodstain juga cocok digunakan untuk melapisi, pintu, jendela, hingga perabot-perabot lain seperti patung kayu atau kerajinan lain yang biasa dipajang di rumah sebagai hiasan. Cara mengaplikasikan Belazo Woodstain cukup mudah. Pertama-tama, amplas dan haluskan permukaan kayu. Jika ada permukaan kayu yang berlubang dan berpori, Bro Deni bisa menutupnya dengan Belazo Wood Filler. Selanjutnya, baru lapiskan Belazo Woodstain. Adapun untuk mengencerkan Belazo Woodstain, Bro Deni tidak perlu repot-repot membeli tiner. Belazo Woodstain cukup diencerkan dengan komposisi air sebanyak 20%. Untuk menghasilkan warna kayu yang lebih tajam, Bro Deni bisa melapiskan Belazo Woodstain sebanyak dua kali. Namun pastikan, pelapisan kedua dilakukan setelah lapisan yang pertama benar-benar kering.

Selain bisa membuat perabot kayu lebih awet,  Belazo Woodstain juga mampu mempertegas tekstur dan serat kayu, sehingga perabot kayu terkesan lebih alami. Produk ini juga memiliki formula tabir surya yang membuat warna tetap awet meski terpapar sinar matahari, sehingga bisa juga diaplikasikan untuk furnitur eksterior seperti gazebo dan gerbang kayu. Belazo Woodstain tersedia dalam dua varian, yaitu gloss untuk hasil akhir mengkilap dan doff untuk hasil akhir tidak mengkilap.

Nah, begitulah Bro Deni, semoga setelah ini Bro Deni jadi tahu caranya merawat furnitur rumah sehingga lebih awet. Terima kasih.

Beri Solusi Pasti!

Bro Solin

Leave A Reply

Your email address will not be published.