Berita Nasional Terpercaya

4 Kuliner Istimewa Khas Kasunanan Surakarta

0

Bernas.id ? Memiliki sejarah yang panjang, sebelum Indonesia merdeka, kisah Kerajaan Mataram memiliki kisah perjalanannya sendiri hingga terpecah menjadi beberapa kerajaan. Empat kerajaan yang masih bertahan hingga sekarang, yaitu Kesultanan Yogyakarta, Kasunanan Surakarta, Kerajaan Mangkunegaran dan Kerajaan Pakualaman.

Khusus Kasunanan Surakarta telah menjadi salah satu tujuan wisata dengan 3 daya tarik utama, yaitu wisata kuliner, wisata belanja dan wisata budaya yang bersejarah. Tiga daya tarik inilah yang semakin hari membuat kota Solo tidak pernah sepi dari pengunjung.

Kali ini, diolah dari berbagai sumber, Bernas.id akan memberikan pilihan tempat kuliner khas Kasunanan Surakarta yang menarik untuk dikunjungi bila sedang berada di Solo, Jawa Tengah.

1. Serabi Notosuman

Tempat wisata kuliner khas solo yang satu ini bernama Serabi Notosuman oleh pemiliknya. Terletak di Jalan Mr Muhamad Yamin, Surakarta, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Tempat wisata Serabi Notosuman ini mampu membuat banyak orang ketagihan untuk mengunjungi tempat yang satu ini. Serabi Notosuman terekenal dengan serabinya yang sangat enak.

2. Timlo Solo

Tempat wisata kuliner khas solo ini bernama Timlo Solo. Tempat makan enak di Solo ini terletak di Jalan Urip Sumoharjo 94, Solo 57128, Jawa Tengah.

Sajian utamanya, yaitu timlo yang merupakan perpaduan antara sop dan juga soto. Beberapa bahan yang bisa didapatkan dalam satu porsi timlo, yakni sop yang sangat gurih bercampur dengan irisan dadar, sosis, suwiran ayam goreng, telur, ati ampela dan beberapa bahan yang lainnya.

3. Selat Solo

Tempat wisata kuliner khas Kota Solo bernama Selat Solo Mbak Lies. Tempat makan ini beralamat di Jalan Veteran, Gang Yudistira II No 42, Cerengan, RT03/RW02, Surakarta, Jawa Tengah. Selat Solo termasuk salah satu tempat kuliner Solo yang cukup legendaris. Selat solo berisi  irisan daging sapi yang tentu saja di olah sangat empuk.

Tidak hanya irisan daging, ada juga telur pindang, wortel, buncis, selada, tomar, kentang goreng dan juga bahan-bahan yang lainnya yang tentu membuat selat solo ini semakin mempunyai rasa yang luar biasa enak.

4. Sate Kambing Mbok Galak

Tempat wisata kuliner khas Solo bernama Sate Kambing Mbok Galak. Terletak di Jalan Ki Mangun Sarkoro No 122, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Sate kambing menjadi sajian utama di Sate Kambing Mbok Galak ini.

Akan tersedia juga makan lainnya seperti misalkan saja sate buntel, tengkleng, gule tongseng dan makanan yang lainnya. Biasanya dalam penyajiannya sate yang di hidangkan terdapat 10 tusuk yang disiram dengan bumbu kacang yang enak dan sangat khas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.