Berita Nasional Terpercaya

Uskup Agung Semarang Khotbah Pakai Lagu Via Vallen

0

Bernas.id – Uskup Agung Semarang Mgr Robertus Rubiyatmoko mengajak ratusan umat Kristiani dalam lingkup Pemerintah Kota Jogja untuk senantiasa terus mengasihi sesama seperti yang dilakukan Yesus. Hal itu disampaikannya saat memimpin jalannya perayaan Paskah Pemerintah Kota Yogyakarta, yang digelar Senin (23/4/2018) di kompleks Balaikota Jogja.

Tema paskah Pemkot Jogja tahun ini diambil dari surat pertama Yohanes (1 Yoh, 3:18) yang berbunyi “Mengasihi dengan Kata dan Perbuatan”. Bapa Uskup menjelaskan, ini adalah tema yang sederhana dan mudah dipahami. Namun ini belum tentu cukup mudah untuk dilaksanakan dalam kehidupan sehari-hari.

“Di balik rumusan ini ada sebuah impian dan harapan sekaligus sebuah perjuangan yakni bagaimana mengupayakan penyesuaian atau sinkronisasi antara apa yang kita ungkapkan dengan apa yang kita lakukan,” katanya.

Mencintai dan mengasihi orang lain menurutnya bukanlah perkara yang mudah, terlebih bila orang lain itu sering bertingkah menjengkelkan dan merepotkan. Justru caci maki dan kebencian yang seringkali muncul dari diri kita menghadapi orang-orang semacam itu.

“Harapan kita bersama sebagai orang-orang Kristiani, sedapat mungkin apa yang kita ungkapkan sungguh-sungguh keluar dari pengalaman konkret dengan tindakan untuk membuat orang lain berbahagia,” ujarnya.

Dengan jenaka, uskup mengutip keseluruhan syair lagu dangdut Via Vallen yang berjudul 'Bojo galak'. Lagu itu menurutnya mengungkap kisah orang yang memiliki pasangan hidup yang tidak menyenangkan, yang menurutnya kerap ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Ia berpesan, menghadapi kasus semacam ini, orang harus tetap penuh kasih.

“Kasih dan mengasihi harus menjadi dasar paling utama dalam kehidupan kita,” tegasnya.

Wakil Walikota Jogja Heroe Poerwadi yang menghadiri acara ini mengatakan, melalui Paskah, umat Kristiani harus bisa senantiasa bersyukur pada Tuhan atas segaka berkah dan karunia-Nya. Selain itu, para karyawan diimbau bisa memperkuat semangat untuk mengabdi pada sesama sesuai dengan bidang kerja masing-masing.

“Semoga senantiasa memiliki kepekaan dalam menyikapi segala perubahan agar kita selalu bisa memberikan yang terbaik pada masyarakat,” ujarnya.

Ketua Panitia Paskah Pemkot Jogja 2018 Christina Lucy Irawati menerangkan kolekte perayaan Paskah kali ini akan disumbangkan ke kawasan Banjarnegara yang beberapa waktu lalu mengalami bencana. Perayaan Paskah dimeriahkan dengan pembagian berbagai door prize menarik, sumbangan dari walikota dan wakil walikota Jogja. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.