Berita Nasional Terpercaya

Puluhan Tukang Sapu Jalanan Dapat Bingkisan Sembako

0

Bernas.id –  Kolaborasi Aktivis Budaya Yogyakarta (KOBAR) memberikan bantuan paket sembako kepada sekitar 50 orang petugas penyapu jalanan di Kota Jogja. Penyerahan bantuan dilakukan Rabu (25/4) di Kantor Sektor Kebersihan Malioboro.

Paket sembako yang diberikan terdiri atas beras 4 kilogram, dan sejumlah bahan makanan lain seperti minyak goreng, kecap, dan kopi. Sembako ini merupakan hasil donasi dari event “Habis Gelap Terbitlah Terang” yang berlangsung akhir pekan lalu di Kampung Mataraman Sewon Bantul.

Ketua KOBAR Widihasto Wasana Putra menerangkan, pihaknya selama ini sering membuat acara pertunjukan seni budaya, yang tiket tiket menontonnya tidak dibeli dengan uang, namun dengan mengumpulkan sumbangan sembako, yang lalu diserahkan ke masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan pemberian sembako kali ini menurutnya adalah event sosial ketiga, setelah sebelumnya dilakukan pemberian sembako ke pengayuh becak, dan buruh gendong di pasar tradisional Jogja.

“Kami berhasil mengumpulkan dua kwintal beras, dan yang lain, lalu terpikir untuk menyerahkan pada teman-teman penyapu jalan, yang jasanya sangat besar, untuk menjaga kota tetap indah. Jasa panjenengan ini luar biasa, kami ini hanya menyalurkan, yang membantu para donatur,” ujar dia.

Udi Santosa selaku Kabid Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kota Jogja merasa berterima kasih, karena bantuan akan sangat membantu bagi para petugas penyapu jalan di Kota Jogja. Ia menerangkan, saat ini terdapat 200 tenaga penyapu jalan, yang turut berkontribusi mengumpulkan sampah sekitar 200 ton sehari sebelum diangkut ke TPA Piyungan.

“Tiap jalan disiapkan petugas penyapu jalan, dan sebelum jam 7 pagi harus bersih, untuk mengantisipasi kemacetan,” katanya. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.