Berita Nasional Terpercaya

Pemda DIY Siap Bangun Coworking Space, Bisa Dipakai Masyarakat Cuma-Cuma

0

Bernas.id-Pemda DIY tahun ini akan mengembangkan coworking space atau ruang kerja bersama untuk memfasilitasi pengembangan industri kreatif digital. Coworking space ini dibiayai sepenuhnya oleh Pemda DIY, oleh karena itu masyarakat yang mempergunakannya tak akan dipungut biaya sama sekali.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY Roni Primanto mengatakan, coworking space adalah salah satu program unggulan Pemda DIY. Coworking space tersebut nantinya akan dibangun di kantor Diskominfo DIY.

“Di dalam coworking space itu, ada berbagai macam kegiatan yang tujuannya untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin mengembangkan industri kreatif digital. Di dalamnya ada pelatihan serta lomba-lomba bagi masyarakat, seperti lomba konten-konten kreatif, sekaligus memantik masyarakat yang ingin kembangkan industri kreatif digital,” kata Roni, Rabu (25/4).

Coworking milik Pemda DIY, lanjut Roni akan berisi berbagai fasilitas seperti komputer dengan kemampuan tinggi, akses internet, dan kamera video. Pemda DIY juga menyediakan fasilitas pelatihan. Bagi komunitas yang akan menggelar pembinaan, bisa menggunakan ruangan yang berkapasitas sekitar 50 orang.

“Kami sediakan peralatan pengembangan industri kreatif. Itu nanti semuanya gratis. Tapi nanti ada pengelolanya. Kami harap pengelola dari masyarakat sendiri atau komunitas. Sehingga kalaupun gratis, tapi dimanfaatkan dengan baik. Artinya tidak sembarangan,” sambung Roni.

Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto mengatakan, coworking space yang akan dikembangkan Pemda DIY nantinya bisa dimanfaatkan oleh siapa saja. Bagi mahasiswa atau pelajar yang hendak mencari referensi di dunia maya, bisa melakukannya di coworking space.

“Begitu juga yang sedang penelitian. Yang bisnis, yang jualan online bisa memanfaatkan ruangan itu. Kemudian ruang itu dibiayai sepenuhnya oleh Pemda DIY sehingga masyarakat tidak perlu memikirkan biaya untuk dapatkan akses internet,” kata Eko.  (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.