Berita Nasional Terpercaya

Kementan Jalin Kerjasama Tingkatkan SDM Pertanian

0

Bernas.id – Kementerian Pertanian berupaya mewujudkan swasembada pangan. Untuk mewujudkannya, pemerintah menggandeng berbagai instansi dari dalam dan luar negeri untuk membentuk SDM yang berkualitas.

?Untuk mencapai kemandirian pangan, pemerintah tidak bisa melakukannya sendiri, namun butuh bantuan berupa partisipasi aktif semua elemen dalam masyarakat,? terang Ali Rahman, Kepala Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang Ali Rahman di Grand Keisha, Yogyakarta dalam workshop yang menghadirkan Kementerian BUMN, Bank Indonesia (BI), BRI, PTPN III, serta Kementan, Rabu (04/04/2018).

Dalam workshop bertajuk ?Peningkatan Kerjasama Dalam Negeri di Bidang Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian?, Ali juga menjelaskan bahwa program pemerintah tersebut tidak sepenuhnya dapat berjalan dengan mulus dan masih harus menghadapi beberapa kendala yang bersifat klasik. Misalnya, masih terjadi ketimpangan pusat produksi pertanian sangat besar. Hampir 40% dari luas persawahan yang ada sebesar 8,1 juta hektare terkonsentrasi di Pulau Jawa.

Padahal, menurut Ali, sektor pertanian adalah sektor andalan yang memberikan kontribusi berarti bagi pembangunan nasional.?Dukungan dari berbagai pihak dari dalam maupun luar negeri baik pemerintah, BUMN, maupun swasta sangat diperlukan dalam bentuk kerja sama,? jelasnya.

Beberapa kerjasama yang ia harapkan adalah di bidang penyuluhan, pelatihan, pendidikan, dan diseminasi. Kerja sama tersebut sangat diperlukan karena untuk mengembangkan SDM Pertanian.

Ali berharap dengan terjalinnya kerrja sama dengan berbagai pihak, sektor pertanian bisa lebih maju sehingga pekerjaan atau profesi sebagai petani dipandang bergengsi sehingga lebih mampu menarik minat generasi muda saat ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.