Berita Nasional Terpercaya

Jadilah Pelayan Kesehatan yang Baik, Pesan Ibadat Perayaan Paskah di RSUP Dr Sardjito

0

Bernas.id ? Ibadat Perayaan Paskah keluarga besar umat Kristiani RSUP Dr Sardjito, Keluarga Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Fakultas Kedokteran UGM, Rumah Sakit UGM, serta Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UGM dihelat di Ruang Pertemuan Utama, Gedung Diklat, Lantai 4, RSUP Dr Sardjito. Ibadah Paskah ini mengangkat tema ?Mengasihi dengan Kata dan Perbuatan?, Kamis (13/4).

Dalam pengantar ibadatnya, lektor menyebut dalam ibadah Paskah hari ini, kita merayakan keselamatan kita dan keselamatan itu berlangsung dalam peristiwa yang sangat luar biasa. ?Pada perayaan Paskah ini, kita mengingat kasih Tuhan yang luar biasa hingga rela memberikan putra tunggalNya untuk kita. Untuk manusia yang selalu kembali jatuh ke dalam dosa, namun tetap dikasihiNya,? katanya membuka ibadah.

Dalam khotbahnya, Romo Nano MSF menjelaskan bahwa bacaan Injil yang dibacakan berbicara soal kisah kebangkitan. ?Kita bisa membayangkan bacaan Injil tadi ada kubur di sana. Saya lebih bisa membayangkan itu karena kebetulan bulan Oktober akhir sampai November berkesempatan menengok kubur itu di Israel,? jelasnya.

Diceritakan Romo Nano, kisah-kisah kebangkitan tersebut saat orang atau pengikut Kristus pada zaman itu belumlah sebanyak sekarang ini sehingga yang ada suasana ketakutan dan kecemasan. ?Sebagai kelompok kecil, mereka khawatir karena Yesus dihukum salib. Itu adalah hukuman bangsa Romawi. Disalib dengan cara penjajah merupakan kehinaan yang luar biasa. Matinya mengenaskan,? jelasnya.

Kematian Yesus itu, lanjut Romo Nano, tidak mudah dimengerti secara oleh para murid. Bahkan, ada isu-isu di kanan kiri, jenasah Yesus itu dicuri orang. Pemuka-pemuka jemaat Yahudi pun saat itu sampai membayar penjaga kubur untuk mengatakan bahwa jasad Yesus dicuri orang supaya melawan kepercayaan para murid bahwa Yesus itu telah bangkit.

?Ini berita yang besar pada waktu itu. Kalau orang-orang yang lain mendengarkan itu dan mereka percaya akan terjadi ledakan migrasi iman dari orang-orang Yahudi menuju pengikut Yesus,? ucapnya.

Romo Nano pun berharap kepada para petugas kesehatan untuk melayani masyarakat dan membangun mental yang sama dengan para murid-murid Yesus meski pasti ada tekanan-tekanan dari kanan kiri. ?Para murid memberi kesaksian kepada kita semua bahwa Kristus yang bangkit itu menguatkan mereka untuk berani bersaksi bahwa aku ini murid Yesus yang mesti membawa nama besar itu dalam tugas karya-karya pelayanan. Jadilah pelayan-pelayan yang baik sekaligus anak-anak Yesus yang diberkati dalam kehidupan dan pekerjaan kita,? pungkasnya. (Jat) 

Leave A Reply

Your email address will not be published.