Berita Nasional Terpercaya

Fashion Show Buka Jumputan on The Street

0

Bernas.id -Kampung Celeban, Tahunan, Umbulharjo didapuk menjadi pusat branding kain jumputan khas Jogja bersamaan dengan dibukanya Jumputan on The Street, Jumat (13/4/2018) sore. Sebanyak 32 stand kelompok jumputan asal Kampung Celeban ditampilkan di Jalan Celeban dan busana karya empat kelompok jumputan diperagakan di panggung pembukaan.

Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X mengatakan sangat mengapresiasi program Disperindag DIY yang menggunakan Celeban, sentra jumputan, sebagai branding kain jumputan khas Kota Jogja. “Semoga kampung celeban dan kampung jumputan lainnya senantiasa meningkatkan kreasi, imajinasi dan kualitasnya,” kata Paku Alam. 

Ketua kelompok jumputan Sejahtera, Sejahtera, mengatakan pada pembukaan Jumputan on The Street dia menampilkan dua busana jumputan yang berkonsep feminim dan ready to wear dengan dominasi warna kuning. “Total saya akan memperagakan delapan busana, sisanya ditampilkan besok,” kata Sejahtera Jumat (13/4/2018).

Kelompok jumputan lainnya, Lemonspires, menampilkan busana jumputan dengan konsep modern dan glamor. Dua busana berbentuk gaun jumputan yang dipadu dengan brokat di bagian dada dan pundak ditampilkan di atas panggung pembukaan. “Besok masih ada empat busana serupa yang ditampilkan, kata Herlina Kristanti, anggota kelompok Lemonspires.

Dalam pembukaan Jumputan on The Street, Wakil Walikota Jogja Heroe Poerwadi mengatakan celeban adalah salah satu kampung dengan produksi jumputan terbanyak. Maka dengan adanya pameran jumputan di Kampung Celeban diharapkan percepatan branding jumputan sebagai kain khas Kota Jogja bisa tercapai. “Kami ingin yang dikenal khas Kota Jogja tidak hanya batik dan lurik, tapi juga jumputan,” kata Heroe.

Heroe mengatakan perekonomian Kota Jogja digerakkan oleh UMKM sebesar 96 persen, salah satu potensi terkuat adalah kain jumputan. Kain jumputan kebanyakan dikerjakan oleh ibu-ibu dan acara pameran di mana kaum ibu dapat berbelanja dengan harga terjangkau dirasa tepat untuk membranding kain jumputan.

Dalam pembukaan turut hadir Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, Tri Saktiyana. Tri mengatakan akan ada banyak rangkaian acara menarik di Jumputan on The Street yang diselenggarakan hingga Minggu (15/4/2018). “Hari ini ada fashion show, besok ada perlombaan membuat jumputan, dan hari terakhir ditutup dengan parade jumputan. Rutenya dari Universitas Teknologi Yogyakarta sampai ke Jalan Celeban,” kata Tri. Harapannya, dengan rangkaian acara tersebut mampu menjadikan kain jumputan sebagai ikon Kota Jogja. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.