Berita Nasional Terpercaya

Warga dan TNI Betonisasi Jalan Penghubung dari Desa Godo ke Dukuh Selowire

0

Bernas.id – Warga dan Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) terlihat sibuk mengerjakan jalan penghubung dari desa Godo Kecamatan Winong Pati menuju dukuh Selowire.

Kegiatan pembangunan jalan rabat beton sepanjang 1,7 km memang membutuhkan pengerjaan yang sangat ekstra untuk menyelesaikanya. Dalam hal ini azas gotong royong antara Satgas TMMD dan warga harus lebih di kedepankan sehingga hasilnya akan lebih maksimal. Jalan rabat beton yang saat ini sedang dalam pengerjaan sangat dibutuhkan masyarakat untuk keperluan mobilitas setiap harinya.

Tak hanya Satgas dan masyarakat yang berperan aktif, tetapi beberapa instansi pemerintahan juga terlibat di dalamnya. Polsek Winong pun menurunkan 10 personilnya untuk ikut bergotong royong di lokasi pembangunan jalan rabat beton. Selain membangun kemanunggalan antara TNI dan rakyat, TMMD Reg 101 ini juga menjalin sinergitas TNI dan Polri.

Pengecoran rabat beton selain dengan tenaga manusia juga menggunakan beberapa alat bantu. Gotong royong di Selowire ini menggunakan kereta dorong atau yang sering kita dengar dengan istilah (angkong). Alat Angkong digunakan melansir hasil bahan cor di distribusikan dengan mudah. Alat ini menjadi favorit di lokasi TMMD karena sangat membantu dalam pengerjaan pengecoran.

Jenis alat konvensional tersebut bisa dikatakan sebagai andalan di dalam mendukung pekerjaan satgas. Terlihat hampir di semua sasaran fisik yang telah diprogramkan dalam TMMD menggunakan alat gerobak dorong tersebut.

?Kami bukan tidak bisa menggunakan alat lain, tetapi saya rasa penggunaan angkong akan lebih hemat dan efisien karena lokasinya naik turun sehingga untuk melangsir material seperti pasir, semen, batu krakal dan lain-lainnya, kita bisa mengandalkan gerobak dorong itu,? papar Kapten Kav Sugeng, Danramil 18/Winong koordinatoor satgas TMMD.

Kapten Kav Sugeng menambahkan, ?Jumlah personil dan volume pekerjaan di kegiatan fisik TMMD ini terbilang sangat banyak sehingga pengadaan gerobak dorong ini akan kami tambah lagi, guna pencapaian target lebih maksimal,? ungkapnya.

Program rabat beton sepanjang 1,7 km merupakan sasaran utama TMMD Reg 101 yang bertujuan untuk membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan daerah kabupaten Pati. (*)

Leave A Reply

Your email address will not be published.