Berita Nasional Terpercaya

Parkir Liar Akibatkan Ratusan Kecelakaan di DIY

0

Bernas.id-Kasubdit Gakum Ditlantas Polda DIY AKBP Heru Setiawan mengatakan, parkir liar yang memakan luas jalan turut berkontribusi terhadap terjadinya laka lantas di DIY. Oleh karena itu, prinsip dasar dari UU nomor 22 tahun 2009 yang menyatakan parkir diperbolehkan di setiap ruas jalan kecuali ditetapkan larangan oleh perda dinilai perlu dipertegas.

Heru memaparkan, akibat penyempitan ruas jalan karena penataan parkir semrawut, telah terjadi 210 laka lantas terjadi di DIY sejak 1 April 2018 sampai 17 April 2018. Sebanyak 26 diantaranya menyebabkan korban laka lantas meninggal dunia. 

“Kecelakaan terjadi di ruas jalan dua arah yang sudah sempit jadi semakin sempit karena penataan parkir tidak teratur,” kata Heru, Rabu (18/4/2018).

Ia menambahkan, peraturan UU no. 22 tahun 2009 itu menimbulkan penafsiran ganda. Karena itu menurutnya seharusnya tetap ada perda yang mengatur kriteria lokasi secara tegas.

“Di mana kriteria tersebut menentukan apakah suatu ruangan layak atau tidak layak dijadikan lahan parkir. Dalam hal ini khususnya ruas jalan,” tandasnya. (Den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.