Berita Nasional Terpercaya

Sebanyak 1.333 Hasil Restorasi Arsip Diserahkan ke 3 Desa di Kabupaten Sleman

0

Bernas.id – Sebanyak 1.333 hasil restorasi arsip diserahkan oleh Pemerintah Kabupaten Sleman dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman (DPKS) kepada 3 Desa di ruang Oproom Pemerintah Kabupaten Sleman. Sejumlah hasil restorasi arsip tersebut diserahkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Ayu Laksmi Dewi Tri Astika Putri kepada perwakilan ketiga Desa yang terdiri dari Desa Umbulmartani, Desa Sindumartani dan Desa Tegal Tirto, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin 13 Agustus 2018.

Adapun jumlah masing-masing arsip Desa yang diserahkan kembali setelah dilakukan tindakan restorasi yaitu sebanyak 730 lembar arsip diserahkan kepada Desa Umbulmartani dengan jenis arsip letter c, sebanyak 602 lembar arsip diserahkan kepada Desa Sindumartani dengan jenis keseluruhan arsip letter c dan 1 lembar arsip kepada Desa Tegaltirto yang merupakan arsip peta Dusun Krikilan.

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Ayu laksmi Dewi Tri Astika Putri meskipun perhatian terhadap pengelolaan arsip masih rendah, namun pada tahun 2018 terdapat peningkatan dari kesadaran akan pentingnya mengelola arsip dengan benar.

Pada kesempatan tersebut juga setiap perwakilan pemerintah Desa yang hadir maupun perwakilan skpd diberikan sosialisasi dan informasi terkait pengelolaan arsip serta pentingnya tindakan restorasi arsip untuk arsip letter c yang telah mengalami kerusakan.

Selain sosialisasi dan pemberian informasi terkait program tersebut, kegiatan penyerahan tersebut juga menjadi kesempatan bagi para perwakilan yang hadir dalam menggali informasi sebanyak-banyaknya. Maka dari itu, terdapat dialog antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan para perwakilan yang hadir pada kesempatan tersebut.

Sebelumnya, Kepala Bidang Kearsipan, Sari Respatiningsih menyampaikan bahwa program restorasi arsip tersebut telah dimulai sejak 8 tahun yang lalu yaitu pada tahun 2011. Dia menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman terus berkomitmen untuk mensosialisasikan program tersebut.

Salah satu upaya dalam mensosialisaikan program restorasi arsip yaitu dengan mengirimkan surat kepada pemerintah Desa di wilayah Kabupaten Sleman sebanyak 80 surat. ?Awal tahun ini kami sudah menyurati 80 Desa. Barangkali ada arsip yang perlu diperbaiki atau dilakukan restorasi arsip agar diinformasikan melalui pengajuan. Sayangnya hanya 8 Desa yang memberikan respon,? tuturnya.

Dirinya berharap, setelah kegiatan penyerahan sejumlah arsip tersebut dapat lebih menarik perhatian Desa atau masyarakat yang lainnya terkait pentingnya pengelolaan arsip dan restorasi arsip terutama letter c.

Lebih lanjut Sari juga menghimbau pada tahun 2019 setiap Desa agar menganggarkan dalam APBDES untuk alokasi pengelolaan arsip dan restorasi arsip. Dirinya juga menyebut akan menargetkan lebih banyak lagi tindakan restorasi arsip secara bertahap, mengingat dalam program tersebut dibutuhkan peningkatan kuantitas dari SDM dalam melaksanakan restorasi arsip. (Jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.