Berita Nasional Terpercaya

Truk Kemanusiaan Jogja Tahap Ketiga Diberangkatkan ke Palu

0

JOGJA, Bernas.id -Semangat masyarakat Yogyakarta untuk membantu korban bencana alam gempa dan tsunami di Palu-Sigi-Donggala, Sulawesi Tengah, belumlah usai. Ini terbukti, bantuan berupa barang maupun uang terus mengalir yang disalurkan melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY. Pada Jumat (26/10/2018) Aksi Cepat Tanggap DIY bekerja sama dengan SKH Kedaulatan Rakyat memberangkatkan 5 unit truk bantuan kemanusiaan di Kantor Redaksi Kedaulatan Rakyat Jalan P Mangkubumi No 40 – 46 Yogyakarta.

Meski sederhana karena dilakukan di tepi jalan, acara ini dilepas langsung oleh Dirut Kedaulatan Rakyat dr Gun Nugroho Samawi dan Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap DIY Agus Budi Hariyadi. ?Alhamdulillah ACT DIY bersama SKH Kedaulatan Rakyat kembali memberangkatkan truk kemanusiaan Palu-Sigi-Donggala via Surabaya. Insyaallah 4 hari ke depan Kapal Kemanusiaan sudah tiba di Palu,? ujar Agus Budi Hariyadi, Kepala Cabang ACT DIY.

Dikatakan, pekan-pekan berikutnya ACT DIY akan terus memberangkatkan truk bantuan kemanusiaan. “Kami mengajak sebanyak-banyaknya masyarakat DIY untuk terus membantu saudara-saudara kita di Palu-Sigi-Donggala sampai fase recovery dan rekontruksi berakhir. Kita ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat di sana bahwa kebutuhan logistik kita jamin, sehingga masyarakat dapat dengan tenang membangun kembali kehidupannya,? tambah Agus.

Truk kemanusiaan dari Yogyakarta berangkat menuju pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, dikawal oleh 3 relawan yang akan memastikan bantuan dari masyarakat Yogyakarta benar-benar sampai ke Palu. Dari Surabaya, bantuan logistik akan diangkut menggunakan kapal kemanusiaan menuju Pelabuhan Pantoloan, Palu, Sulawesi Tengah. Diperkirakan bantuan dari Yogyakarta akan tiba di Palu hari Selasa (30/10/2018) pekan depan.

Sebelumnya pada tanggal 5 dan 12 Oktober lalu, ACT DIY juga telah memberangkatkan 12 Truk Bantuan Kemanusiaan menuju Palu untuk mensuplai kebutuhan dasar masyarakat terdampak ketika fase emergency. (Nasrudin, ACT)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.