Berita Nasional Terpercaya

Telaga Menjer, Pesona Wisata Alam Wonosobo

0

Bernas.id – Dari kejauhan permukaan air telaga tampak berwarna hijau segar, asri, dan alami. Ya inilah yang menjadi salah satu faktor puluhan wisatawan berbagai usia tampak antusias menikmati pemandangan alam Telaga Menjer. Telaga ini terlihat cukup luas dengan keadaan geografi yang sekelilingnya dikepung perbukitan tinggi, yang ditumbuhi ratusan pohon pinus di lerengnya.

Telaga Menjer ini tepatnya terletak di Desa Tlogo, Wisata Alam Seroja, Dieng Wonosobo, Jawa Tengah. Air di Telaga Menjer ini dimanfaatkan untuk PLTA Garung, Unit Pembangkit  Mrica mampu menghasilkan pasokan listrik sebesar 2 x 13.2 MW.

Seorang wisatawan dari Gemawang Sleman, Ita Rustanti (41) mengatakan bahwa pemandangan di Telaga Menjer ini terlalu begitu indah. “Bisa untuk melepas penat dan lelah,” ujarnya kepada Bernas.id, Minggu 28 Oktober 2018.

Salah satu wahana yang menarik wisatawan, yaitu menaiki wahana perahu yang berkapasitas sekira 19 penumpang untuk berkeliling di telaga menikmati pesona alam Telaga Menjer sekira 20 menit lebih. Setiap penumpang harus membayar Rp15000 per orang.

Ahmadi (53), warga Desa Maron, Wonosobo yang menjadi operator wahana kapal mengatakan kalau liburan atau hari Minggu bisa sampai melayani 10 kali keliling Telaga Menjer. “Untuk operasional kami melayani sampai jam enam sore,” katanya.

Selain olahan buah Karika, di sisi jalan, ada tumbuhan asli lokal yang dijual dan hanya berasal dari wilayah sekitar Telaga Menjer. Satu pot berisi tanaman bernama Parijotho dihargai Rp100.000. “Tanaman tersebut asli berasal dari Gunung Pakuwojo. Khasiat untuk kesuburan wanita,”kata Anif, Wakil Ketua Karang Taruna Desa Maron. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.