Berita Nasional Terpercaya

RSUP Dr Sardjito Kirim Tim Medis ke Palu dan Donggala

0

Bernas.id- Rumah Sakit Umum Pemerintah (RSUP) Dr Sardjito mengirim tim medis untuk misi kemanusiaan di Palu dan Donggala yang terkena musibah gempa bumi dan tsunami. Hampir 60 koli obat-obatan dipersiapkan untuk dibawa ke daerah bencana.

Direktur Utama RSUP Dr Sardjito, Dr dr Darwinto, SH, SpB(K)Onk mengatakan pengiriman tim medis ini sebagai bentuk dukungan nyata kepada pemerintah dalam menangani bencana alam di Indonesia. “Kami rumah sakit pemerintah di bawah Kemenkes, ikut mengirim tim medis ke Palu dengan memberangkatkan sekitar 23 personil dari RSUP Dr Sardjito dan 20 personil dari FK UGM dalam rangka AHS (Academic Health System-red), kita berangkat bersama. Hari ini kloter pertama sekitar 23 dan besok pagi-pagi, 20 sehingga semuanya total 43,” jelasnya di depan lobby rawat jalan, RSUP Dr Sardjito, Rabu malam, 3 Oktober 2018.

“Terdiri dari dokter dan perawat, paling banyak dokter umum, lalu dokter anak, serta dokter bedah, dan teknisi,” imbuhnya.

Darwito pun menyatakan bahwa tim medis ini memiliki logistik dan tenda tersendiri sehingga RSUP Sardjito secara khusus bisa hadir di Palu. “Kita rumah sakit pindah ke sana. Untuk persiapan, kita punya suatu logistik, dalam arti logistik secara keseluruhan, rumah sakit sini di sana sudah siap dan punya tenda dan yang lain. Ini dikoordinir oleh Kemenkes,” imbuhnya.

Untuk lama penugasan, Darwito menyebut minimal satu minggu akan berada di sana. “Untuk tim berikutnya, akan melihat kebutuhan yang di sana. Harapan untuk tim medis, bisa selamat dan bisa mengabdikan untuk saudara-saudara kita yang terkena musibah,” tutupnya.

Sementara itu, dr Birowo, spesialis anastesi yang menjadi Ketua Tim Medis dari RSUP Dr Sardjito  mengaku sangat tertarik dengan misi-misi kemanusiaan. “Sejak bencana Tsunami 2004 di Aceh, RSUP Sardjito dan Fakultas Kedokteran UGM selalu berpartisipasi aktif. Kemudian, tahun 2006, kita kapasitas building hampir lima tahun di Nias. Bencana berikutnya, gempa bumi di Bantul, lalu ke Pengandaran. Kita lalu ke Bengkulu Utara, Padang. Kemarin kita ke Lombok, sekarang kita ke Palu,” katanya.

“Semoga Allah meridhoi, apa yang kita lakukan ini betul-betul misi kemanusiaan. Misinya kita menolong,” pungkasnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.