Berita Nasional Terpercaya

BPBD Jogja Pakai Tembang Dolanan Anak untuk Ajarkan Penanangan Bencana

0

Bernas.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta bekerja sama dengan Klub Kesenian Anak Sariswara Taman Siswa memanfaatkan kearifan lokal dengan tembang dan dolanan anak.  Ini untuk mengajarkan penanganan bencana.

?Untuk saat ini, baru tersedia tembang untuk bencana gempa bumi. Ke depan, akan dibuatkan untuk berbagai bencana lain,? kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta Hari Wahyudi, Selasa (20/11/2018).

Hari menyebut, melalui tembang yang liriknya menggunakan Bahasa Jawa tersebut, anak-anak dan seluruh masyarakat diajarkan mengenai hal-hal yang harus dilakukan apabila terjadi gempa bumi berskala besar.

Berbagai hal yang diajarkan melalui tembang berjudul ?Yen Lindhu Teka? atau saat gempa datang di antaranya, tidak boleh gugup atau takut, melindungi kepala, berlindung di balik meja yang kuat, dan tidak berada di dekat barang-barang yang terbuat dari kaca.

Hari menyebut, selama ini masih banyak masyarakat yang langsung merasa takut saat terjadi gempa dan justru melakukan hal-hal yang bisa menambah korban, misalnya langsung lari keluar rumah atau bersembunyi di tempat yang kurang aman.

?Dari tembang tersebut, masyarakat diharapkan memiliki pengetahuan yang lebih baik untuk meningkatkan kewaspadaan saat gempa. Yaitu, keluar dari rumah saat getaran gempa sudah mereda dan menuju ke lokasi yang lapang dengan membawa barang-barang yang diperlukan,? sambungnya.

Tembang yang sudah direkam tersebut akan diviralkan menggunakan berbagai media sosial yang ada sehingga bisa dikenal dan diketahui lebih luas oleh masyarakat.

Tembang ciptaan SP Joko tersebut sudah diperkenalkan saat Apel Siaga Bencana Kota Yogyakarat 2018 yang diikuti berbagai pihak termasuk dari relawan dan Kampung Tangguh Bencana. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.