Berita Nasional Terpercaya

Bulan Depan, Festival Film Dokumenter 2018

0

Bernas.id – Agenda tahunan FFD (Festival Film Dokumenter) bakal digelar pada 5-12 Desember 2018. Ada dua tempat penyelenggaraan, yaitu di Taman Budaya Yogyakarta dan IFI LIP Yogyakarta.

 

Memasuki usia yang ke-17 FFD tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di mana selalu mengangkat tema khusus. Tahun ini FFD tidak mengangkat tema yang spesifik.

 

Hal tersebut merupakan upaya untuk menghidupkan kembali semangat awal FFD dalam mengamati perkembangan dokumenter sebagai refleksi sosial dan media edukasi,  yaitu merekam yang tersisa,  mencari yang tak terlihat, dan menemukan pengetahuan.

 

Uki Satya selaku Festival Director menjelaskan selama 17 tahun FFD telah mengalami berbagai macam program dan sering mengalami pergeseran.

 

?Dokumenter sebagai medium yang tidak hanya memberikan tontonan tetapi isu-isu apa yang sedang aktual di sekitar kita dan isu-isu apa yang harus kita soroti,” ujarnya.

 

Agenda utama dalam FFD 2018 diantaranya pemutaran kompetisi dan non kompetisi,  diskusi dan presentasi,  ekshibisi,  dan lokakarya.Tahun ini FFD menerima 118 film kategori dokumenter panjang internasional, 100 film kategori dokumenter pendek,  dan 23 film kategori dokumenter pelajar.

 

Kompetisi tahun ini melibatkan beberapa Juri kawakan yang berasal dari dalam negeri dan luar negeri. Juri yang terlibat dalam film dokumenter panjang diantaranya Wakai Makiko (programmer Yamagata International Film Festival), Nicolas Boone (Filmmaker Perancis) dan Bonnie Triyana (Sejarawan Indonesia). Di kategori film pendek melibatkan tiga juri yaitu Mandy Marahimin (Produser Tanakhir Films), Aryo Danusiri (filmmaker Indonesia), dan Fan Wu (programmer Taiwan International Documentary Festval) dan beberapa juri yang lainnya.

 

Sedangkan agenda pemutaran film non kompetisi akan dibagi dalam 13 program, yaitu perspektif,  spektrum, Retrospektif, The Feelings of Reality, Taiwan Documentary, Polish Docs, Looking After the Family,  A Play of Perspective, Fragmen kecil Asia, Human, Frame by Frame, DocSound,  Lanskap, Le Mois du Documentaire, dan spesial screening Talking Money. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.