Berita Nasional Terpercaya

Ujian Akhir SMKN 3 Yogyakarta Berbasis Android

0

JOGJA, BERNAS.ID – SMK Negeri 3 Yogyakarta menggelar kegiatan rutin Penilaian Akhir Semester (PAS) di sekolah setempat, mulai Selasa (27/11/2018) hingga 7 Desember 2018. Khusus tahun ini, pelaksanaan tidak hanya berbasis komputer tapi juga dikembangkan dan digabung berbasis android. Sehingga dalam 1 tingkat kelas dapat dilaksanakan secara serentak dengan menggunakan 10 Lab Komputer dan 10 kelas HP berbasis android milik siswa sendiri.

“Sebelum pelaksanaan dimulai, telah dilakukan gladi bersih pada Jumat (23/11/2018), dengan melibatkan seluruh siswa. Siswa mengunduh aplikasi exambrow for android, kemudian login dan mencoba mengerjakan soal, kata Maryuli Darmawan, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMK Negeri 3 Yogyakarta, Jumat (30/11/2018).

Menurut Maryuli, progam ini dimaksudkan untuk mensosialisasikan sistem PAS kepada siswa, sehingga siswa akan lebih siap dalam menghadapi ujian. “Keunggulan sistem PAS TEROID tahun 2018 ini karena mengadopsi sistem pelaksanaan UNBK. Setelah siswa login maka semua aplikasi dan data terkunci, sehingga siswa tidak dapat mengakses data atau internet untuk mencari jawaban.  Dengan demikian, kecurangan dapat diminimalkan terlebih nomor soal dan jawaban diacak menjadikan siswa tidak dapat saling bertanya kepada sesama peserta ujian,” tambah Maryuli.

Untuk pelaksanaannya tiap ruang difasilitasi 1 proktor dan 2 pengawas, keberlangsungan ujian dapat ditingkatkan.
Ke depan diharapkan siswa dibiasakan ujian dengan PAS TEROID sehingga berdampak signifikan terhadap keberhasilan pelaksanaan UNBK. (nuning)

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.