Berita Nasional Terpercaya

Pawai Lintas Agama Jadi Puncak Peringatan Hari Amal Bhakti Kemenag Jogja

0

Bernas.id – Kantor Kemenag Kota Yogyakarta siap menggelar peringatan Hari Amal Bhakti Kemenag Kota Yogyakarta ke-73. Puncak acara akan dimeriahkan dengan Gerak Jalan Kerukunan Grebek Silaturahmi Antar Umat Beragama dan Festival Kerukunan Umat Beragama.

Kepala Kantor Kemenag Kota Jogja Nur Abadi menjelaskan, rangkaian peringatan sudah digelar sejak November lalu. Namun puncak acara akan digelar pada 12 Desember 2018 pagi.

“Itu nanti akan berwujud pawai dari seluruh umat beragama. Pawai akan melewati titik-titik tempat ibadah dan berhenti di sana,” ujarnya.

Ia meneruskan, dalam rute gerak jalan-pawai sejauh 6,5 km, beberapa tempat ibadah yang akan dikunjungi adalah Pura Padma Buana Saraswati Baciro, Gereja Pantekosta Jalan Hawam Wuruk, Vihara Budha Prabha Gondomanan, Gereja St. Yusuf Bintaran, dan Masjid Pakualaman. Setelah kembali ke Kantor Kementrian Agama Kota Jogja, rombongan akan disambut atraksi barongsai, yang menandai diawalinya Festival Kerukunan Umat Beragama.

“Selanjutnya perwakilan dari keenam agama akan menampilkan kebolehannya di panggung festival,” ujarnya.

Ia menjelaskan, acara semacam ini penting digelar untuk menggaungkan Jogja sebagai “city of tolerance”. Terlebih, saat ini adalah masa yang rawan, karena mendekati tahun politik.

“Selain acara itu, masih ada banyak acara yang digelar, seperti lomba bulu tangkis, tenis meja, volley, futsal, lomba masak, lomba senam, lomba mancing, dan lomba karya tulis ilmiah. Selain itu ada juga donor darah dan rebus murah sembako, serta bersih-bersih tempat ibadah,” paparnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.