Berita Nasional Terpercaya

Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemkot Yogyakarta Teken MoU dengan Kemenag

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta terus berkomitmen untuk meningkatkan layanan publik di Kota Yogyakarta, komitmen ini dibuktikan dengan penandatangan Mou antara Pemkot Yogyakarta dengan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Yogyakarta tentang Peningkatan Pelayanan Publik Terkait Layanan Keagamaan Terpadu di Kota Yogyakarta.

Seperti yang diketahui, Kantor Kemenag Kota Yogyakarta memiliki fasilitas publik berupa Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang diluncurkan pada bulan Agustus tahun 2018.

Kepala Kantor Kemenag Kota Yogyakarta, Nur Abadi, menjelaskan bahwa kerjasama tersebut merupakan upaya sinergi antara program yang dimiliki Kemenag Yogyakarta dengan Pemkot Yogyakarta.

“Jadi sejak ditandatanganinya kerjasama ini PTSP Kemenag Kota Yogyakarta dapat diakses melalui aplikasi JSS (Jogja Smart Service),” ujarnya di Aula Kantor Kemenag Kota Yogyakarta, Rabu (9/1/2019).

Ia pun menjelaskan, jenis layanan PTSP Kemenag meliputi pelayanan informasi dan konsultasi, perizinan dan non-perizinan, pendaftaran haji, dan pengaduan.

Sementara saat ditanya terkait pelayanan yang paling banyak diakses oleh masyarakat, Ia mengungkapkan jika masyarakat paling banyak mencari informasi seputar haji.

“Ini juga yang termasuk dapat diakses melalui JSS. Nanti mereka bisa melihat waiting list haji,” jelasnya.

Dengan adanya PTSP yang dapat di akses melalui JSS ini, katanya, masyarakat dapat mengaksesnya dimanapun dan kapanpun. ?Layanan PTSP ini pendaftaran pelayanan dapat dilakukan kapanpun dan dari manapun karena dapat diakses dengan smartphone,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, keunggulan dari aplikasi PTSP ini masyarakat dapat memantau progres penyelesaian pekerjaan melalui PTSP. “Melalui website masyarakat juga dapat memantau sejauh mana proses penyelesaian permohonannya,” tuturnya.

Sementara itu Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti sangat mendukung apa yang sudah dilakukan oleh Kantor Kemenag Kota Yogyakarta, pasalnya hal tersebut sejalan dengan konsep pembangunan Kota Yogyakarta sebagai Kota Cerdas.

?Dari manfaat dan keunggulan yang dimiliki oleh sistem PTSP, maka tingkat kinerja pelayanan akan bertambah ke arah yang lebih positif,” paparnya.

Haryadi berharap PTSP menjadi jawaban bersama Pemkot Yogyakarta untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

?Dimana masyarakat sangat dimudahkan dalam memperoleh dokumen administrasi atau perizinan, mengakses informasi terbaru, maupun dalam menyampaikan keluhan secara langsung terhadap pelayanan dari Pemerintah yang telah terintegrasi dengan berbagai instansi,” pungkasnya. (cdr)

Leave A Reply

Your email address will not be published.