Berita Nasional Terpercaya

Jogja International Heritage Festival Siap Angkat Keris ke Kaum Millenial

0

YOGYA, BERNAS.ID – Dinas Kebudayaan DIY siap menggelar Jogja Internasional Heritage Festival (JIHF) mulai Jumat, 30 Agustus 2019 hingga Senin, 2 September 2019. Ini adalah upaya menyelamatkan dan melestarikan salah satu warisan budaya Indonesia yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO, yakni keris.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan DIY Bambang Wisnu Handoyo menyampaikan, berbagai acara akan diadakan, meliputi lomba fotografi keris, travel heritage, pameran keris, bursa keris, seminar keris, konsultasi keris, sarasehan keris, workshop keris, hingga Dagelan Mataram. Rangkaian acara akan difokuskan di dua tempat, yakni Jogja Gallery dan Museum Sonobudoyo.

“Keris ini akan menjadi bagian dari sesuatu yang harus ada,” ujar Bambang.

Ia meneruskan, pameran JIHF akan digelar selama lima hari di Jogja Gallery. Sementara bursa keris akan digelar Jumat sampai Minggu, 30, 31 Agustus dan 1 September 2019 di halaman Museum Sonobudoyo.

“Pembukaan JIHF akan digelar Jumat pukul 09:00 di Sasono Ondrowino Jalan Perkapalan,” sambungnya.

Sementara, terkait sarasehan, akan digelar dua kali. Yang pertama bertema “Menggagas Keris Tangguh HBX” akan digelar Senin (2/9/2019) di Museum Sonobudoyo pukul 19:00. Yang kedua bertema “Strategi Pewarisan Keris Pada Generasi Millenial” akan digelar Selasa (3/9/2019) di Museum Sonobudoyo pukul 09:00.

Sedangkan untuk workshop tentang keris juga akan digelar dua kali, 31 Agustus dan 1 September 2019 pukul 10:00 di Jogja Gallery.

“Seminar keris akan dilaksanakan Senin, 2 September 2019 pukul 09:00 di Museum Sonobudoyo menghadirkan narasumber ahli dari Malaysia dan pakar-pakar perkerisan Nusantara,” jelasnya.

Ia menambahkan, pihaknya mengaku memang sulit mengajak anak muda kaum millenial untuk mencintai warisan budaya tradisional, termasuk keris. Namun ia mengaku berusaha mengemas acara JIHF ini untuk mudah dicintai anak muda.

“Ini adalah upaya memperkenalkan keris pada usia dini. Nanti juga akan dibuat buku saku untuk anak-anak,” jelasnya.(den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.