Berita Nasional Terpercaya

Taman Pintar Gelar Puncak Acara Kontes Roket Air 2019

0

YOGYA, BERNAS.ID – Usai menyelenggarakan ?Workshop Roket Air dan Roket Berparasut?, rangkaian kegiatan roket air Taman Pintar memasuki puncak acaranya yaitu ?Kontes Roket Air 2019?. Kontes ini digelar Sabtu, 31 Agustus 2019 di Stadion Kridosono Yogyakarta. 

Acara yang memasuki tahun penyelenggaraan ke-10 ini dibuka oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi. Ia merasa, acara ini harus bisa digelar rutin tiap tahun untuk mencari potensi unggul siswa.

“Harus ada momentum setiap tahunnya,” harap Heroe. 

Kepala Bidang Taman Pintar Afia Rosiana menjelaskan, tahun ini, tingkat antusiasme sekolah untuk mengikuti lomba cukup tinggi, meningkat hampir 50% dari tahun sebelumnya. Saat ini tercatat total 409 tim sudah mendaftar, terdiri dari 266 tim siswa SMP dan 143 tim siswa SMA. Mereka berasal dari Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. 

“Setiap sekolah diperbolehkan mengirimkan lebih dari 1 tim dengan batas maksimal 10 tim. 
Jumlah peserta dalam satu tim kategori SMP terdiri dari 1 siswa, sedangkan untuk kategori SMA terdiri dari 2 siswa. Setiap tim didampingi oleh guru pendamping,” ujarnya.

Kontes Roket Air 2019 mengaplikasikan kemampuan aerodinamika roket untuk menembak sasaran tembak. Untuk kategori SMA roket air harus melewati penghalang berupa net terlebih dahulu sebelum mencapai sasaran tembak. 

Uniknya, peserta diwajibkan membuat sendiri roket yang akan diluncurkan. Penentuan pemenang berdasarkan nilai R atau jarak dari titik jatuh roket ke pusat sasaran yang terkecil dari 2 kali kesempatan peluncuran. Untuk kategori SMP dari 2 kali kesempatan peluncuran akan dilihat R yang terkecil, sedangkan kategori SMA akan dihitung rata-ratanya dari 2 kali peluncuran. 

Sehari sebelum kontes, peserta diperkenankan untuk uji coba launcher di lokasi kontes. Sistem pertandingan roket air mode tembak sasaran bertujuan untuk mendapatkan roket air yang meluncur dengan stabilitas yang baik dan tepat pada sasaran yang berjarak 80 meter dari titik peluncuran.

Pemenang Kontes Roket Air akan diikutsertakan dalam Kontes Tingkat Nasional di Jakarta pada tanggal 27-29 September 2019 dan juga memiliki kesempatan untuk mengikuti kontes serupa Tingkat Internasional di Jepang pada bulan November 2019. 

Kontes Roket Air ini diselenggarakan untuk meningkatkan minat siswa terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi melalui suatu pembelajaran sains yang menyenangkan sekaligus memperkenalkan teknologi kedirgantaraan sejak dini. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.