Berita Nasional Terpercaya

Genap Berusia 21 Tahun, Ini Lima Fakta Unik Google

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – Google tepat berusia 21 tahun pada Jumat (27/9). Raksasa digital yang bergerak pada jasa dan produk internet, seperti  mesin pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan daring itu didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada 27 September 1998. Berikut adalah lima fakta tentang Google yang mungkin belum Anda ketahui, sebagaimana dilansir dari BBC.

Website Paling Sering Dikunjungi

Google merupakan website yang paling sering dikunjungi di dunia. Google bahkan menjadi kata yang paling dicari di mesin pencarian lain seperti Bing. Menurut data yang dirilis Smart Insight, jumlah pengunjung Google di seluruh dunia pada 2018 diperkirakan mencapai 3,5 miliar per hari atau sekitar 1,2 triliun per tahun. Jumlah diperkirakan terus naik dalam beberapa tahun ke depan.

Berasal dari Kata Googol

Banyak orang mendukan kata Google terinspirasi dari kacamata selam. Namun, pada kenyataannya tidak seperti itu. Kata Google sebenarnya terinspirasi dari ?googol?. Googol adalah istilah untuk menyebut bilangan 1 yang diikuti oleh 100 nol di belakangnya atau 1×10 pangkat 100. Kata tersebut dipilih karena mencerminkan jumlah yang tidak sedikit. Sebagaimana pendiri Google ingin mesin pencarian tersebut dimanfaatkan oleh banyak pengguna internet.

Google Doodle Muncul Pertama tahun 1998

Salah satu tradisi Google adalah membuat Google Doodle. Google Doodle adalah gambar yang muncul di halaman utama mesin pencari untuk memperingati momen-momen tertentu. Google membuat Doodle pertamanya pada 1998 untuk merayakan Burning Man Festival. Tujuan pembuatan Doodle tersebut adalag agar pengguna tahu bahwa pada hari itu, para pekerja Google sedang libur.

Google Image Terinspirasi dari Gaun Jennifer Lopez

Salah satu fitur yang dimiliki Google adalah Google Image. Fitur ini berguna untuk mencari gambar di internet berdasarkan keyword. Google Image sendiri pertama kali diluncurkan pada Juli 2001. Uniknya fitur ini terinspirasi dari gaun Versace berwarna hijau yang dikenakan penyanyi Jennifer Lopez dalam acara Grammy Award tahun 2000. Saat itu, gaun tersebut menjadi pencarian paling populer di Google. Namun, pengguna tidak bisa langsung melihat bentuknya.

Menjadi Kata Kerja Populer

Google pada akhirnya menjadi mesin pencarian yang sangat populer. Hal itu membuat orang kerap mengatakan ?to Google? untuk merujuk aktivitas mencari di internet. Kata ?Google? akhirnya menjadi salah satu kata kerja dalam bahasa Inggris. Kata tesebut pertama kali masuk kamus Mirriam-Webster pada 2006, dengan definisi, ?menggunakan mesin pencari Google untuk mencari informasi di internet. (aji)

Leave A Reply

Your email address will not be published.