Berita Nasional Terpercaya

Anda Pakai Batik Hari Ini? Ini Makna di Balik Motif Batik

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID ? Anda mengenakan hari ini? Hari ini memang diperingati sebagai Hari Batik Nasional. 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional setelah UNESCO menetapkan batik sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan nonbendawi pada 2009 silam. Namun, tahukah Anda bahwa setiap motif batik menyimpan makna dan filosofi? Berikut adalah sejumlah motif batik dan maknanya, sebagaimana dirangkum dari website Balai Besar Kerajinan dan Batik, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

 Alas-alasan

Sesuai dengan namanya yang berarti hutan, motif batik alas-alasan berbentuk seperti hutan balantara dengan beberapa binatang di dalamnya. Gambar binatang yang terdapat dalam motif alas-alasan tidak hanya binatang berukuran besar, seperti banteng dan gajah, tetapi juga binatang kecil seperti kelinci. Motif alas-alasan merupakan simbol sikap mawas diri, arif, dan bijaksana dalam menghadapi tantangan kehidupan.

Gurdho Latar Kembang

Motif batik gurdho latar kembang didominasi oleh bentuk menyerupai sayap garuda. Di atas sayap garuda itu terdapat mahkota dengan bentuk memanjang ke atas. Sementara itu, pada latar belakang terdapat bunga-bunga berukuran besar dan kecil. Motig gurdho latar kembang menyimbolkan kedudukan yang baik. Hal itu paling tergambar dalam mahkota yang ada pada motif tersebut.

Sekar Jagad

Sekar jagad secara harfiah bermakna bunga dunia. Motif sekar jagad pada dasarnya merupakan kumpulan motif bunga yang ada pada motif batik lain. Bunga-bunga tersebut disusun dalam kolom-kolom yang saling menyambung layaknya sebuah mozaik. Motif batik sekar jagad menyimbolkan kegembiraan. Motif batik ini juga menampilkan keelokan budi pemakainya.

Sido Mulyo

Sido secara harfiah berarti jadi, sementara mulyo berarti mulia. Motif sido mulyo terdiri dari bentuk persegi yang sambung menyambung secara diagonal. Sementara itu, di dalam persegi tersebut terdapat motif menyerupai setengah lingkaran. Motif ini menyimbolkan kemakmuran. Itulah mengapa motif sido mulyo kerap digunakan sebagai busana pengantin dengan harapan kehidupan mereka akan makmur dan sejahtera. (aji)

Leave A Reply

Your email address will not be published.