Berita Nasional Terpercaya

Menristek Sebut Riset Perguruan Tinggi Indonesia Belum Optimal

0

JOGJA, BERNAS.ID- Riset dan pengabdian merupakan dua hal yang penting pada perguruan tinggi untuk memunculkan inovasi-inovasi di tengah Revolusi Industri 4.0. Riset diperlukan untuk memecahkan permasalahan di masyarakat melalui kerjasama dengan berbagai pihak.

Namun, Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Bambang Brodjonegoro menyayangkan belum optimal perguruan tinggi di Indonesia dalam melakukan riset. ?Perguruan tinggi memiliki Tri Dharma yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Tapi Perguruan tinggi di Indonesia masih belum optimal dalam melakukan kegiatan penelitian, hanya pada dharma pendidikan yang lebih optimal,” katanya saat menjadi pembicara kunci dalam acara Konsorsium Nasional Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat Perguruan Tinggi Muhammadiyah (LPPM PTMA) di Yogyakarta, Selasa 7 Januari 2019.

Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Republik Indonesia menyampaikan beberapa faktor yang menghambat riset di Indonesia. Ia menyebut kelembagaan akreditasi Lemlit, anggaran riset, relevansi dan produktivitas, manajemen riset, dan sumberdaya manusia.

?Perlu partisipasi dari pihak swasta untuk mengikuti riset, seperti BUMN atau perusahaan sehingga muncul Research and Development (R&D) yang akan menjadi kebutuhan untuk bersaing dalam memunculkan sebuah inovasi,” imbuhnya.

Menurut Menristek, saat memikirkan kegiatan penelitian, topik penelitian sudah harus dapat memberikan manfaat pada masyarakat karena masyarakat menantikan hasil riset yang berguna. ?Riset perguruan tinggi harusnya selaras dengan kebutuhan pasar. Oleh karena itu penting dilakukan kerjasama riset dengan pengusaha atau perusahaan agar hasil riset nantinya memunculkan hasil riset yang dapat dinikmati oleh masyarakat,” ujarnya.

?Inovasi itu untuk menyejahterakan masyarakat, memberikan nilai tambah, serta substitusi produk impor. Inilah yang menjadikan tantangan riset menjadi luar biasa,? tuturnya. (jat)

Leave A Reply

Your email address will not be published.