Berita Nasional Terpercaya

Sultan: Masalah TPST Piyungan Hanya Bisa Dituntaskan Lewat Industri

0

YOGYA, BERNAS.ID–Gubernur DIY Sri Sultan HB X menegaskan masalah penumpukan sampah di TPST Piyungan Bantul hanya bisa diselesaikan melalui industri yang saat ini sedang diupayakan melalui jalur kerja sama pemerintah badan usaha (KPBU). Masyarakat  diimbaunya untuk memilah sampah agar mampu mengurangi volume sampah harian ke TPST Piyungan. 

“Kalau [menurut] kami memang harus jadi industri [diserahkan ke investor], sudah enggak bisa kalau enggak industri, gimana? kalau enggak ada [investor],” ungkapnya, Rabu (8/1/2020). 

Pemda DIY sendiri sejak 2017 silam sedang mengupayakan sistem KBPU pengelolaan TPST Piyungan, tetapi hingga saat ini masih dalam proses. Sultan mengakui soal investor yang bakal mengelola memang belum bisa dipastikan karena baru akan ditawarkan.

“Belum [kepastian investor], selesai baru ditawarkan,” katanya. 

Ia mengatakan kondisi TPST Piyungan memang sudah tidak bisa diperluas lagi. Di sisi lain pengendalian sampah yang dilakukan tidak sebanding dengam volume sampah yang besar. 

“Itu suatu saat mesti stagnan [tidak bisa diperluas], enggak bisa, biar pun kita sudah mencoba untuk anu [pengendalian sampah], wong sampahnya [banyak] seperti ini, memang jalan keluarnya harus industri, kalau [TPST Piyungan] diperluas jelas sudah tidak bisa,” sambungnya. 

Bahkan pengurangan sampah melalui program bank sampah juga hanya sedikit mengurangi volume yang setiap harinya mencapai ratusan ton masuk ke TPST. 

“[Mungkin bank sampah dihidupkan tetapi enggak mungkin akan [mampu mengurangi] volumenya [sampah secara signifikan] yang ratusan ton, memang pembuangan itu harus berproses sudah tidak ada pilihan,” tandasnya. (den)

Leave A Reply

Your email address will not be published.