Berita Nasional Terpercaya

Ciptakan Calon Master Chef, SMP Muhammadiyah 2 DIY Gelar Muchil Fun Cooking Class

0

YOGYAKARTA, BERNAS.ID – SMP Muhammadiyah 2 DI Yogyakarta mengadakan praktik memasak bagi kelas IX. Seluruh siswa kelas IX melaksanakan ujian praktik memasak untuk mata pelajaran Prakarya.

Dari sembilan kelas yang ada, dua kelas melakukan ujian praktik prakarya pada setiap hari dari tanggal 13-15 Januari 2020.

Syaiful, guru mata pelajaran Prakarya mengatakan, dengan dilakukannya kegiatan Muchil Fun Cooking Class 2020? diharapkan para siswa kelas IX bisa mencapai kompetensi dasar yang harus dicapai.

?Para siswa harus memahami pembuatan, penyajian, pengemasan, dan pengolahan bahan pangan dari peternakan atau daging, serta ikan menjadi olahan makanan,? kata Saeful Bahri.

Dari kegiatan ini, juga diharapkan, dapat mewadahi atau menyalurkan bakat dan minat memasak siswa. Bahkan, setelah lulus nanti siswa tidak akan ragu melanjutkan ke SMK Jurusan Tata Boga, hingga jenjang berikutnya.

?Mudah-mudahan ada yang jadi master chef, ada juga yang jadi pengusaha kuliner,? ucapnya sambal tersenyum.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta, Supriyadi S.Pd, M.Si mengatakan, dengan mengetahui dan menguasai keterampilan dasar, misalnya bagaimana cara merebus air, menanak nasi, dan menggoreng, diharapkan siswa mampu memahami pekerjaan orangtuanya, ibu, di dalam rumah tangga.

?Harapan lainnya, siswa kelas IX akan menjadi lebih mandiri. Ada saatnya kita menghadapi kondisi di mana harus melakukan semuanya sendiri baik itu dalam kondisi darurat maupun normal,? ucap Supriyadi yang menilai ujian praktik pengolahan daging dan ikan.

Pada kegiata kali ini, Supriyadi mengapresiasi kinerja dan kerjasama para siswa. ?Semua siswa terlibat aktif dalam pembagian tugas, memasak, penyajian, dan penerimaan tim penilai di acara table manner,? ujar Supriyadi. (Affan)

Leave A Reply

Your email address will not be published.