Berita Nasional Terpercaya

Tips Hemat Uang Ala Mahasiswa, Nomor 6 Paling Oke

0

 

BERNAS.ID ? Banyak hal yang bisa dikenang ketika menjadi mahasiswa. Suka duka semasa kuliah seperti mengerjakan tugas bareng, mencari dosen untuk bimbingan, patungan untuk fotokopi bahan kuliah, hingga harus hemat di tanggal tua adalah sedikit dari banyak hal yang bisa dikenang.

Mahasiswa, baik yang di perantauan ataupun tidak, rata-rata memiliki pengalaman bagaimana harus mengatur uang sedemikian rupa agar semua kebutuhan terpenuhi. Usia mahasiswa memang usia nanggung, di satu sisi masih meminta uang dari orangtua tapi di sisi lain merasa usia sudah dewasa untuk meminta ke orangtua. Alhasil, berapa pun yang diberi orangtua berusaha dihemat agar tidak malu jiak harus meminta tambahan uang saku.

Nah, ada beberapa tips hemat uang ala mahasiswa yang sudah terbukti dan teruji dan bisa kamu praktikkan. Apa saja? Simak hasil rangkuman bernas.id, Minggu (29/3/2020) berikut.

1. Manfaatkan Diskon Mahasiswa

Kartu Tanda Mahasiswa atau KTM adalah kartu yang sama saktinya dengan kartu ATM. Seringkali berbagai gerai atau toko memberikan diskon khusus untuk mahasiswa dengan syarat menunjukkan KTM. Manfaatkan diskon mahasiswa untuk menghemat pengeluaranmu. Bukan hanya restoran, toko buku atau toko elektronik seringkali memberikan diskon mahasiswa.

2. Manfaatkan Fasilitas Kampus

Butuh jaringan internet cepat untuk mengerjakan tugas? Manfaatkan saja fasilitas kampus supaya bisa internetan gratis. Memang sih, tempat yang disediakan kampus tidak senyaman di kafe atau coworking space namun kamu bisa hemat banyak. Bayangkan saja, nugas di kafe kamu harus menyediakan budget untuk beli minuman yang harganya setara dengan seporsi makan siangmu di warteg.

3. Beli Buku Bekas

Buku adalah kebutuhan primer untuk mahasiswa. Jangan mengaku mahasiswa jika membeli buku atau diktat kuliah saja malas. Untuk menghemat pengeluaran kamu bisa membeli buku bekas dibanding yang baru. Kamu bisa mengunjungi pasar loak setempat atau membeli secara online. Hindari untuk fotokopi buku kuliah karena itu termasuk pelanggaran hak cipta.

4. Batasi Ke ATM

Kamu harus membuat jadwal pengambilan uang di ATM. Kamu bisa atur misalnya ke ATM hanya satu minggu sekali. Maka kamu harus mengatur bahwa uang yang kamu ambil itu harus cukup untuk satu minggu. Dengan demikian kamu juga belajar untuk mengelola keuangan dan memilah antara kebutuhan dengan keinginan.

5. Memasak dan Bawa Bekal

Masak sendiri sama dengan repot? Belum tentu demikian jika belum mencoba. Cobalah untuk sesekali memasak agar lebih hemat dan juga sehat, yang sederhana saja seperti nasi goreng dan telur ceplok. Kemudian, kamu juga bisa sesekali membawa bekal agar tidak jajan terus di kantin.

6. Mencari Beasiswa

Mencari beasiswa adalah salah satu usaha yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tambahan dana. Kampus, kementerian, dan perusahaan kerap membuka program beasiswa. Uang beasiswa tersebut bisa kamu manfaatkan untuk membeli buku, tinta printer, kertas, dan segala kebutuhan lain yang menunjang kelancaran kuliahmu. Ingat, uang beasiswa tidak untuk ganti smarthpone atau foya-foya, ya.

Kamu bisa lebih menghemat pengeluaran kalau bisa mendapatkan beasiswa kuliah gratis seperti yang diadakan oleh STIEBBANK Kampus Pencetak Pengusaha.  Kuliah di STIEBBANK kamu tidak hanya sekedar kuliah namun juga dilatih untuk kuliah sambil sehingga kamu juga bisa mendapatkan penghasilan. Cek info lengkapnya https://bernas.info/BeasiswaKampusPencetakPengusaha .(sn)

Leave A Reply

Your email address will not be published.