Berita Nasional Terpercaya

Tips Mengerjakan Soal Tes Potensi Skolastik untuk UTBK

0

Beberapa waktu lalu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) bahwa tes Ujian Tulis Berbasis Komputer atau UTBK hanya akan menguji kemampuan TPS atau Tes Potensi Skolastik. Hal ini cukup mengejutkan bagi calon mahasiswa yang sudah mempersiapkan semua mata pelajaran baik itu dalam kategori Saintek maupun Soshum. Meskipun begitu, kita tetap bisa mempersiapkan UTBK dengan mempelajari TPS sebaik mungkin. Kita hanya harus segera memindahkan fokus kita secara penuh kepada TPS dan materi-materi yang termasuk di dalamnya. Untuk dapat lebih mempersiapkan Tes Potensi Skolastik untuk UTBK, berikut adalah beberapa tips yang sudah kami rangkum.

Tetapkan Target Jumlah Soal yang Harus Dikerjakan dalam Sehari

Poin pertama ini mungkin sudah sering kamu dengar. Tapi poin ini menjadi sangat penting mengingat sebagian dari kita masih belum bisa langsung memindahkan fokus sepenuhnya ke TPS. Semakin cepat kita bisa memindahkan fokus kita, maka kita akan memiliki semakin banyak waktu untuk mempersiapkan diri. Sebagai langkah awal, kamu harus bisa menetapkan jumlah soal TPS yang akan kamu kerjakan dalam sehari. Kamu juga tidak boleh kalah oleh rasa malas meskipun kita semua sedang berada di tengah pandemi seperti sekarang ini. Kamu tidak harus mengerjakan semua soal tersebut dalam satu waktu. Kamu bisa menjadwalnya sepanjang harimu. Apabila kamu merasa kesulitan dalam memulai atau mempertahankan produktivitas mu, kamu bisa membaca artikel Membangun Rutinitas Pagi agar Tetap Produktif saat Social Distancing yang sudah disusun oleh Tim Redaksi Bernas.

Rajin Ikut Try-Out

Poin ini juga tidak kalah penting. Semakin sering kamu mengikuti try-out, maka kamu akan semakin siap untuk menghadapi soal TPS saat UTBK besok. Memang saat ini, mengikuti try-out offline memang sangat sulit atau bahkan tidak memungkinkan sama sekali. Akan tetapi, masih banyak try-out online yang tersedia dan beberapa diantaranya bahkan gratis. Untuk itu, kamu harus rajin mencari informasi dan sesering mungkin mengikuti try-out supaya kamu bisa terus meng-upgrade kemampuanmu dan membiasakan dirimu dengan soal-soal yang berbeda. Dengan try-out, kamu juga bisa mengukur kemampuan relatif terhadap pesaing atau teman-temanmu yang lain.

Sering Baca Teks dan Cari Pembahasan Soal

Soal-soal TPS akan sangat menuntutmu untuk dapat memahami bacaan dengan cepat dan baik. Untuk melatih kemampuanmu dalam memahami bacaan, kamu harus mulai membiasakan diri untuk lebih sering membaca. Selama proses membaca, kamu juga harus terus melatih dirimu untuk dapat memahami teks selagi kamu membaca. Tanyakan pada dirimu sendiri kira-kira kesimpulan apa yang kamu dapat dengan proses atau logika penyampaian seperti apakah teks tersebut ditulis.

Selain itu, kamu juga harus rajin mencari pembahasan soal supaya kamu dapat memahami pola pikir yang harus kamu adopsi saat mengerjakan soal. Pembahasan-pembahasan soal tersebut dapat kamu cari di berbagai platform pendidikan online ataupun di Youtube. Apabila kamu masih kesulitan, kamu juga dapat bertanya pada teman-teman dekatmu atau kelompok belajarmu.

 

UTBK semakin dekat, tapi tentunya akan semakin siap. Ikuti tips dan langkah di atas serta jangan lupa untuk tetap menjaga semangat dan berdoa. Apabila kamu berusaha dengan maksimal, maka sudah pasti hasil yang terbaik akan kamu dapatkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.